
Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas XI SMA Frater Don Bosco Tarakan Tahun Pembelajaran 2014/2015
Pengarang : Herry - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan membaca adalah salah satu kemampuan berbahasa. Kemampuan membaca merupakan kemampuan yang mutlak dimiliki setiap siswa karena di zaman modern ini siswa dihadapkan dengan berbagai informasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca cepat siswa kelas XI SMA Frater Don Bosco tahun pembelajaran 2014/2015. Tujuan membaca cepat terbagi atas dua bagian yaitu tujuan membaca secara umum dan tujuan membaca secara khusus. Tujuan membaca cepat secara umum sama dengan tujuan membaca lainnya yaitu mencari dan memperoleh pesan atau memahami makna melalaui bacaan. Kemudian, membaca cepat memiliki tujuan yaitu untuk memperoleh informasi, gagasan utama, dan penjelasan dari suatu bacaan dalam waktu yang singkat dan yang menjadi dasar adalah keterpahaman terhadap bacaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yaitu kemampuan membaca cepat siswa kelas XI SMA Frater Don Bosco. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Frater Don Bosco. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes praktik dan tulis. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan kecepatan, pemahaman, dan efektifitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Hasil penelitian ditemukan bahwa dari 28 siswa diperoleh rata-rata kecepatan siswa dalam membaca cepat yaitu 286 kpm, pemahaman yaitu 53, dan efektifitas yaitu 146 kpm. Rata-rata kecepatan 286 kpm jika dikonsultasikan ke dalam tabel kecepatan berdasarkan jenjang pendidikan maka siswa kelas XI SMA Frater Don Bosco termasuk ke dalam tingkat SLTA. Kemudian, rata-rata pemahaman 53, jika dikonsultasikan ke dalam kriteria ketuntasan minimal berdasarkan kurikulum KTSP maka siswa kelas XI SMA Frater Don Bosco termasuk tidak tuntas KKM. Selanjutnya, dengan rata-rata efektifitas 146 kpm jika dikonsultasikan ke dalam kriteria kecepatan membaca cepat maka siswa kelas XI SMA Frater Don Bosco termasuk ke dalam kriteria di bawah pembicara rata-rata. Dari hasil penelitian ditemukan kendala-kendala penghambat kemampuan membaca cepat siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari motivasi membaca yang kurang, pengalaman siswa, metode, dan tujuan membaca. Kemudian faktor eksternal adalah membaca dengan menggerakan bibir, menunjuk dengan jari, membaca per kata, dan membaca dengan menggerakkan kepala.
Tidak Tersedia Deskripsi