Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Imajinasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Imajinasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan

Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Imajinasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Yeni Rismala - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengukur tingkat kemampuan menulis cerita pendek dengan menggunakan metode imajinasi pada siswa kelas VII SMP 7 Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama bulan Januari 2015. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kelas, yaitu penelitian yang mencoba mewujudkan keingintahuan peneliti secara utuh mengenai apa yang terjadi di dalam kelas terhadap kegiatan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.Yaitu, penelitian mengenai fakta-fakta yang ingin diketahui dengan menggunakan data berupa angka dan menggambarkan hasil pencapaian kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek menggunakan metode imajinasi. Sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini, jumlah siswa adalah sebanyak 36 orang siswa, yang terdiri 19 orang siswa perempuan, dan 17 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan menulis cerita pendek menggunakan metode imajinasi dengan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan penjelasan untuk indikator pertama mendapat nilai 83 dengan persentase 8372%, untuk indikator kedua mendapat nilai 92dengan persentase 92.77%, untuk indikator ketiga 85 dengan persentase 85.55%, untuk indikator ke-empat 82 dengan pesentase 82.22%, untuk indikator kelima 89 dengan persentase 89.44%, untuk indikator ke-enam 82 dengan persentase 82.22%. Sementara itu untuk perolehan nilai tertinggi dan terendah dalam tiap indikator yang diamati dapat dijelaskan bahwa untuk indikator pertama hingga indikator ke-enam pada umumnya responden mendapat perolehan nilai persentase tertinggi 92.77% dengan nilai 92 untuk indikator kedua, sementara itu untuk indikator ke-enam memperoleh persentase terendah yaitu 82.22% dengan nilai 82. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan hasil penelitian kemampuan menulis cerita pendek menggunakan metode imajinasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan menggambarkan bahwa kemampuan menulis cerita pendek siswa adalah baik, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 80 % pada kriteria baik dengan bobot B (66-79).

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi