
Penerapan Model Pakem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Abdul Wahab - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Pakem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pada tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan, dengan tahapan pada setiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, Tes Hasil Belajar, dan Lembar Kerja siswa Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII Di SMP Negeri 10 Tarakan. Pada siklus I 50% dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 79%. Nilai siswa secara klasikal yang diperoleh tersebut telah mencapai indikator ketuntasan yaitu 75%. Hasil pengamatan aktivitas guru mengajar siklus I dengan skor 71% dengan kategori baik, siklus II dengan skor 74% masuk kedalam kategori baik dan hasil aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase 64% untuk pertemuan 1 dengan kategori cukup dan pada pertemuan kedua memperoleh persentase 76% dengan kategori baik, siklus II pada pertemuan I memperoleh persentase 80% dan pertemuan kedua memperoleh persentase 84% masuk dalam berkategori sangat baik
This study aims to improve science learning outcomes by applying the model Pakem to improve learning outcomes at SMP Negeri 10 Tarakan. This type of research is a Classroom Action Research (PTK) which consists of two cycles. Each cycle consists of two meetings, with stages in each cycle namely planning, acting, observing and reflecting. The instruments used in this study were teacher activity observation sheets and student activities, as well as student learning outcomes tests and student worksheets (measuring aspects of knowledge). The results showed that the PAKEM learning model could improve the science learning outcomes of grade VII students at SMP Negeri 10 Tarakan. Classically, student scores from cycle I to cycle II have increased, namely, in cycle I 50% and cycle II an increase of 79%. Classical student scores obtained have reached the completeness indicator, namely 75%. The results of the observation of the activity of the teaching teacher in cycle I with a score of 82 in the very good category, in the second cycle with a score of 86 that was in the very good category and the results of the activities of the students in cycle I obtained a percentage of 70% in the good category, the second cycle got a percentage of 93% and was included in the very category well.