
Tindak Tutur Pada Katalog Kecantikan Oriflame (Kajian Pragmatik)
Pengarang : Siti Soleha - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan hasil penelaahan deskriptif tentang Tindak Tutur pada Katalog Kecantikan Oriflame. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi. Permasalahan yang diteliti adalah Bagaimanakah Tindak Tutur pada Katalog Kecantikan Oriflame. Berdasarkan dari hasil analisis pada bab IV, Tindak Tutur pada Katalog Kecantikan Oriflame, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pada katalog kecantikan Oriflame terdapat tindak tutur lokusi, hal ini telah di buktikan dengan data yang tertulis pada katalog tersebut (Oriflame) kepada (pembaca atau konsumen) sebagai bentuk promosi, sebanyak 27 data. Kedua, pada Katalog Kecantikan Oriflame terdapat tindak tutur ilokusi, hal tersebut ditunjukan dengan adanya kalimat dan kata yang di tulis oleh penuturnya (pihak Oriflame) kepada lawan tuturnya (pembaca atau konsumen), tidak hanya menyatakan sesuatu, tetapi untuk melakukan sesuatu, dengan adanya modus-modus berkenaan dengan pemberian izin, mengucapkan terima kasih, menyuruh, menawarkan, dan menjanjikan sebanyak 24 data. Ketiga, pada Katalog Kecantikan Oriflame terdapat tindak tutur perlokusi, hal tersebut ditunjukan dengan adanya kalimat yang terdapat dalam katalog (Oriflame) kepada lawan tuturnya (pembaca atau konsumen ) yang mempunyai daya pengaruh atau efek bagi pembaca sebanyak 27 data Tindak tutur tidak hanya terjadi pada bahasa lisan saja, tetapi di dalam bahasa tulis juga dapat terjadi. Dengan adanya penelitian ini, penulis dapat mengetahui maksud dari penyampaian pesan tindak tutur yang terdapat pada katalog, sehingga pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik oleh pembaca dan menjadi lebih jelas.
Tidak Tersedia Deskripsi