Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Proyeksi Dengan Teknik Khayalan Visual Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Proyeksi Dengan Teknik Khayalan Visual Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 11 Tarakan

Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Proyeksi Dengan Teknik Khayalan Visual Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Abdul Halim - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-2 SMPN 11 Tarakan dengan menggunakan media proyeksi dengan teknik khyalan visual. Penelitian ini merupakan penelitian kelas (PK). Jenis penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data berupa angka dan pencapaian kemampuan siswa dalam menulis puisi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMPN 11 Tarakan, yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, metode tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data bahwa pencapaian kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-2 SMPN 11 Tarakan dapat disimpulkan dengan hasil rata-rata kelas adalah 84 dengan kriteria sangat baik dengan bobot A (80-100). Setelah dilakukan analisis pada nilai ketuntasan siswa, terdapat 20 siswa yang tuntas dengan persentase 78% mencapai nilai KKM. Sedangkan 6 siswa belum tuntas dengan persentase 23% tidak mencapai KKM. Selain itu penelitian dengan menggunakan media proyeksi dapat dinyatakan berhasil dengan melihat pencapaian siswa pada setiap aspek yang nilai, siswa mampu berperan aktif dengan adanya media yang digunakan kemudian, dapat dilihat dari nilai perolehan kemampuan siswa dalam menuliskan puisi pada setiap aspek, untuk aspek tema dengan nilai 93 persentase 46,3%, untuk aspek diksi dengan nilai 78 persentase 38,8%, untuk aspek struktur bait dengan nilai 83 persentase 41,3%, untuk aspek bahasa kias dengan nilai 83 persentase 41,3%, untuk aspek citraan/imaji dengan nilai 88 persentase 43,8%, untuk aspek versifikasi dengan nilai 83 persentase 41,7%, dan untuk aspek amanat dengan nilai 82 persentase 40,8%. Dengan menggunakan media proyeksi siswa kelas VIII-2 lebih aktif dan lebih antusias selama proses pembelajaran berlangsung. Setiap siswa lebih mempusatkan perhatiannya pada video wisata alam yang di putarkan menggunakan media proyeksi (proyektor).

This study aimed to determine the ability of students to write poetry in class VIII-2 of SMPN l1 Tarakan by using projection media with visual imagery techniques. This quantitative classroom research used data in the form students’ achievement in writing poetry. The subjects were 26 students of class VIII-2 of SMPN 11 Tarakan, consisting of 16 male and 10 female students. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, tests and documentation. Based on the analysis, it was concluded that the class average score poetry writing was 84 (very good criteria). There were 20 students (77%) achieved the minimum completeness criteria score and 6 students (23%) did not. In addition, the use of projection media was declared successful by looking at students’ achievements in every aspect being assessed. For the aspect of theme, 46.3% of students had a score of 93; for the aspect of diction 38.8% of the students had score of 78, for the aspect of structure of the verse, 41,3% of the students had a score of 83; for the aspect of figurative language, 41,3% of the students had a score of 83; for the image aspect 43.8% of the students had a score of 88; for the versification aspect 41.7% of the students had a score of 83; and for the mandate aspect 40.8% of the students had a score of 82. By using projection media, class VIII-2 students were more active and more enthusiastic during the learning process. Each student focused more on the nature tourism video that was played using projection media.

Detail Informasi