
Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar HOTS Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Tarakan dengan Model TAM
Pengarang : Suci Indah Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget siswa kelas X SMAN 1 Tarakan terhadap hasil belajar HOTS Biologi dengan model TAM. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 161 siswa kelas X MIPA SMAN 1 Tarakan dan sampel penelitian berjumlah 72 siswa dengan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan skor dari angket penggunaan gadget dengan model TAM dan soal HOTS pilihan ganda, kemudian dianalisis dengan Uji Regresi Linear untuk mencari pengaruh variabel penggunaan gadget dengan model TAM (X) terhadap hasil belajar HOTS Biologi (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif manfaat penggunaan gadget, kemudahan penggunaan gadget dan sikap penggunaan gadget secara simultan terhadap hasil belajar HOTS Biologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,021. Terdapat pengaruh sikap penggunaa gadget terhadap hasil belajar HOTS Biologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 dan tidak terdapat pengaruh manfaat penggunaan gadget terhadap hasil belajar HOTS Biologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,066 serta tidak terdapat pengaruh kemudahan penggunaan gadget terhadap hasil belajar HOTS Biologi dengan nilai signifikansi sebesar 0,189.
The research was to analyze the effect of gadget utilization on Biology HOTS learning outcomes of SMAN 1 Tarakan 10th grade students with TAM model. It was an Ex Post Facto research with quantitative approach. The research population were 161 tenth grade students in MIPA SMAN 1 Tarakan and research samples were 72 students which was determined by using non probability sampling type of purposive sampling techniques. Overall data were obtained from two scores, from gadgets utilization questionnaire in TAM model and HOTS multiple choices test. They were the analyzed by Linear Regression Test to find the effect of the variable in utilizing gadgets with the TAM model (X) on Biology HOTS learning outcomes (Y). The results showed that there was a positive effect from the benefit in utilizing gadgets, simplicity in utilizing gadgets and attitudes in utilizing gadgets simultaneously on Biology HOTS learning outcomes with a significance value of 0.021. There was an effect from the attitude in utilizing gadgets on Biology HOTS learning outcomes with a significance value of 0.003 and there is no effect from the benefits in utilizing gadgets on Biology HOTS learning outcomes with a significance value of 0.066 and there is no effect from the simplicity in utilizing gadgets on Biology HOTS learning outcomes with a significance value of 0.189.