Kesantunan Berbahasa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan (Kajian Pragmatik) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kesantunan Berbahasa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan (Kajian Pragmatik)

Kesantunan Berbahasa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan (Kajian Pragmatik)

Pengarang : Andi Dwi Rahmadani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Aspek kesantunan berbahasa memiliki peran penting dalam kemampuan berbahasa siswa. Oleh karena itu perlu diperhatikan aspek kesantunan dan tingkat kesantunan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa yang terdapat pada Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian Kesantunan Berbahasa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan Ialah Metode Kualitatif. Teknik yang digunakan adalah simak dan catat. Analisis data menggunakan teknik padan pragmatik. Penentuan tingkat kesantunan dilakukan dengan melihat kecenderungan kesantunan tuturan yang terdapat pada siswa, siswi dan para guru Pondok Pesantren KMI Tarakan. Kesantunan tuturan diukur dengan proporsi maksim kesantunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan sangat santun. Kesantunan pada Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan berupa penggunaan maksim dalam satu percakapan seperti maksim kearifan, maksim pujian, maksim kesepakatan, dan maksim pujian. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan kesantunan berbahasa dalam kegiatan belajar mengajar.

Aspects of politeness has an important role in the ability berbahasa students. Therefore, it should be noted aspects of civility and politeness level. This study aimed to describe politeness contained in Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan. The method used in the study Politeness Speak In Teaching and Learning Activities in Pondok Pesantren Islam KMI Tarakan He is the Qualitative Methods. The technique used is see and record. Analysis of data using a unified engineering pragmatics. Determining the level of politeness is done by looking at politeness tendencies contained in the speech of students, students and teachers Pondok Pesantren KMI Tarakan. Measured by the proportion of speech politeness maxims of politeness. The results showed that the Islamic Boarding School KMI Tarakan very polite. Politeness in Tarakan KMI Islamic Boarding School in the form of the use of maxims in a conversation like maxims wisdom, praise maxims, maxims agreement, and the maxim of praise. This research is expected to be used for the development of linguistic politeness in teaching and learning activities.

Detail Informasi