
An Analysis On Grammatical Errors In Writing
Pengarang : Selvi Jayanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis errors dan jenis error yg paling banyak dibuat oleh siswa-siswi kelas delapan SMP Frater Don Bosco Tarakan dalam tulisan teks deskriptif Bahasa Inggris. Subyek pada penelitian ini adalah siswa – siswi kelas VIII-3 SMP Frater Don Bosco Tarakan yang ditugaskan untuk menulis sebuah teks deskriptif. Alokasi waktu menulis bagi para siwa adalah 2 x 40 menit. Tulisan siswa yang telah diperoleh, dibedakan kesalahan kalimatnya antara kalimat mistakes dan kalimat errors, diidentifikasi kesalahannya, kemudian diklasifikasikan ke dalam jenis – jenis kesalahan dan ditentukan frekuensi kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa-siswi kelas VIII-3 SMP Frater Don Bosco Tarakan. Jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa-siswi kelas VIII-3 SMP Frater Don Bosco adalah kesalahan pada tanda baca, kata yang hilang, huruf kapital, bentuk kata kerja, persetujuan subyek dan kata kerja, buat satu kata, ejaan, tunggal atau jamak,kata yang tidak diperlukan, kesalahan bentuk kata, kesalahan kata, kesalahan kata ganti acuan, kesalahan susunan kata, menyambung kalimat, tidak sejalan, kalimat yang tidak lengkap, tambahkan peralihan, subyek, kata kerja, kata penghubung dan kata sandang. Jenis kesalahan yang paling banyak dibuat oleh siswa-siswi kelasVIII-3 SMP Frater Don Bosco Tarakan adalah kesalahan unnecessary word (25.5 %).
This is a descriptive qualitative research. The objectives of this research were to find out the kinds of errors and the errors that mostly done by the eighth grade students of SMP Frater Don Bosco Tarakan in descriptive text writing. The subject of this research were the students from class VIII-3 of SMP Frater Don Bosco Tarakan. They were assigned to write descriptive text based on the topics that were given by the researcher. The time allocation for the students to finish their writing was 2 x 40 minutes. Based on the students’ writing, the sentences were differentiated from the students’ mistakes and the students’ errors sentences. The sentences were also identified , classified, into kinds of errors and counted the percentage frequency to know the kind of error that was mostly done by the VIII-3 students of SMP Frater Don Bosco Tarakan. The kinds of errors made by the VIII-3 students of SMP Frater Don Bosco Tarakan were punctuation, word missing, capitalization, verb tense, subject-verb agreement, make one word, spelling, singular or plural, unnecessary word, wrong word form, wrong word, pronoun reference, wrong word order, Run on, coma splice, fragment, add a transition, subject, verb, preposition, conjunction, and article. The kinds of error that the VIII-3 students of SMP Frater Don Bosco Tarakan mostly done was unnecessary word errors (25.5% ).