Improving The Students’ Writing Skill Through Guessing Game At Ninth Grade Students Of SMP Negeri 7 Tarakan In Academic Year 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Improving The Students’ Writing Skill Through Guessing Game At Ninth Grade Students Of SMP Negeri 7 Tarakan In Academic Year 2014/2015

Improving The Students’ Writing Skill Through Guessing Game At Ninth Grade Students Of SMP Negeri 7 Tarakan In Academic Year 2014/2015

Pengarang : Indi Puji Suhesti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis siswa menggunakan permainan menebak pada siswa kelas Sembilan tiga di SMP Negeri 7 Tarakan. Metodologi dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini telah dilaksanakan diSMP Negeri 7 Tarakan yang beralamat di JL.Diponegoro Kelurahan Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah, yang dimulai pada tanggal 24 Februari sampai dengan 24 Maret 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX – 3 di SMP Negeri 7 Tarakan yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan. Tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah tes menulis dan lembar pengamatan (lembar pengamatan guru dan siswa). Hasil belajar siswa pada siklus pertama adalah 31 % dan hasil belajar siswa meniingkat menjadi 77% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa guessing game dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas IX – 3 di SMP Negeri 7 Tarakan.

The objective of this research was to improve the student writing skill through guessing game at ninth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan. The design of this research was Classroom Action Research. This research was located on JL.Diponegoro Kelurahan Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah, started from January 24th– March 24 th 2015. The subject of this research was the students IX-3 which consist of 35 students. This CAR (Classroom Action Research) was conducted on two cycles. Each cycle consist of four stages those were planning, acting, observing and reflecting. The instruments used by the were writing test and observation sheet (teacher’s observation sheet and student’s observation sheet), The result of the students success on the first cycle was 31% and the result of students success on the second cycle was 77%. Based on the result above, the study concluded Guessing Game can improve the student’s writing skill at ninth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan.

Detail Informasi