Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Jenrisen - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimential design dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VIII-1 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes tertulis . Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu (rata-rata dan simpangan baku) dan analisis inferensial yaitu (uji normalitas dan uji homogenitas) untuk data awal dan analisis data akhir menggunkan uji statistik independent samples t-test dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai posttest di kelas kontrol yaitu sebesar 76,49 pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol sebesar 61,98. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

This research was a quasi-experimental design with posttest only control design. Population wal all of eighth grader students of SMP Negeri 11 Tarakan. Sample was determined through simple random sampling technique and it was gos VIII-1 that consist of 28 students as experiment class and VIII-2 consist of 28 students as control class. Data in this research were collected using test. The data were analyzed using descriptive analysis (mean score and standard deviation) and inferential analysis (normality and homogeneity tests) to determine independent sample t-test whit the help of the SPSS 23.0 program. The result of descriptive analysis showed that the mean score of posttest in experiment class was higher than control class which 76.49 experiment class and 61.98 control class. Based on independent sample t-test with significant value was 5% (? = 0,05) had p-value was 0.000. In order word, H0 was rejected an H1 was accepted. It can be concluded that cooperative learning model of scramble type had a significant effect on students’ mathematics problem solving ability of eighth grader students of SMP Negeri 11 Tarakan. Keywords: Cooperative Learning Model, Scramble Type, Problem Solving Ability

Detail Informasi