
Improving The Students’ Achievement On Writing Descriptive Text Through Mind Mapping Technique At X IPA 2 Students Of SMAN 3 Tarakan Academic Year 2014/2015
Pengarang : Nur Samsyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks deskriptif melalui teknik Mind Mapping pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Tarakan tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 12 Mei sampai 23 Mei 2015 pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini yaitu: lembar pengamatan dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa setelah penerapan teknik Mind Mapping. Siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (72,2 %) pada siklus pertama. Disamping itu, aktivitas siswa pada siklus ini mencapai kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan pada penelitian ini, yaitu minimal 70 % siswa yang mencapai nilai > 75, dan nilai aktivitas belajar siswa memenuhi kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam menulis teks deskriptif pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Tarakan.
The objective of this research was to improve the students’ achievement on writing descriptive text through mind mapping technique at X IPA 2 students of SMAN 3 Tarakan academic year 2014/2015. The design of this research used Classroom Action Research (CAR). The research was done from 12 May until 23 May 2015 in even semester academic year 2014/2015. This research was done into some steps: planning, implementation, observation, and reflection. The research instruments were observation sheet and test. The result of this research showed that there was the improvement of students’ achievement and motivation after implementing mind mapping technique. The students who succeded was 26 students (72,2 %) in the first cycle. Beside that, the students activities in this cycle was categorized good. It indicates that the students have gained the criteria of success in this research, where minimally 70 % students could achieve the minimum score 75, and the students’ activities categorized good. By understanding the result of the study, it can be concluded that mind mapping technique can improve the students achievement and activities on writing descriptive text technique at X IPA 2 students of SMAN 3 Tarakan.