Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 10 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 10 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 10 Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing

Pengarang : Ridwan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2020 sampai dengan tanggal 10 Februari 2020 di Sekolah SMP Negeri 10 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 10 Tarakan, yaitu sebanyak 20 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 10 Tarakan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan kategori baik pada pada setiap siklus. Pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah matematika dengan kategori baik yaitu ? 55%. Pada siklus II, jumlah siswa yang memperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah matematika dengan kategori baik meninggkat menjadi ? 85%.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Problem Posing

This study aims to improve students’ mathematical problem-solving skills by applying the Problem Posing learning model to eighth4 class at SMP Negeri 10 Tarakan. This research was classroom action research. The research was conducted from January 20th, 2020 to February 10th, 2020, at SMP Negeri 10 Tarakan. The subjects of this study were 20 students of VIII4 class. The technique used in the collecting data used the observation sheet of the teacher’s activity and the student’s activity, and a test instrument for the student mathematical problem-solving skills. This research was two cycles consisting of three meetings in each cycle. The result presented that the problem-posing learning model is able to improve the student’s mathematical problem-solving skill. It is indicated by the percentage increasing of students obtain a good score for mathematical problem-solving skills in the second cycle. The first cycle contributed 55% of students in the good category, while the second cycle was 85% of students stepping to the good category in solving the mathematical problem. Keywords: Mathematical Problem-Solving Capability, Problem-Posing Learning Model

Detail Informasi