
Improving The Students’ Vocabulary Mastery Through Crossword Puzzle At The Ninth Grade Students Of SMPN 2 Tarakan
Pengarang : Rika Christy Tarakanita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa menggunakan crossword puzzle pada siswa kelas Sembilan di SMPN 2 Tarakan. Metode dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini telah dilaksanakan di SMPN 2 Tarakan yang beralamat di Jl. Ki Hajar Dewantara Kelurahan Karang Balik Kecamatan Tarakan Barat, di mulai dari tanggal 04 Maret 2015 sampai 18 Maret 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-H di SMPN 2 Tarakan yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus. Masing–masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instruments pengumpulan data yang digunakan adalah test kosa kata dan lembar pengamatan (lembar pengamatan guru dan lembar pengamatan siswa). Hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 20% dan hasil belajar siswa pada siklus 2 adalah 82.57%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa crossword puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada siswa kelas Sembilan di SMPN 2 Tarakan.
The objective of this research was to improve the students’ vocabulary mastery through crossword puzzle at the ninth grade students of SMPN 2 Tarakan. The design of this research was CAR (Classroom Action Research). This research was conducted in SMPN 2 Tarakan located on Jl. Ki Hajar Dewantara Kelurahan Karang Balik Kecamatan Tarakan Barat started from 04 March 2015 until 18 March 2015. The subject of this research was the students at class IX – H of SMPN 2 Tarakan which consists of 35 students. This CAR (Classroom Action Research) was conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages: those were planning, action, observing, and reflecting. The instruments used by the researcher were vocabulary test and observation sheet (teacher’s observation sheet and students’ observation sheet ). The result of students’ success in cycle 1 was 20% and the result of students’ success in cycle 2 was 82.57%. Based on the result, it can be concluded that crossword puzzle can improve the students vocabulary mastery at the ninth grade students of SMP 2 Tarakan.