
A Proposed English Syllabus For Students Of Agrotechnology At Borneo University Tarakan
Pengarang : Ramli - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan silabus pengajaran Bahasa Inggris untuk mahasiswa Jurusan Agroteknologi di Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan. Tahapan pengembangan meliputi analisis kebutuhan, pengembangan silabus menggunakan model Dick dan Carey, validasi ahli, revisi dan evaluasi, uji coba silabus, dan revisi dan evaluasi. Untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam perancangan silabus ini, sebanyak 32 mahasiswa semester tiga lokal A1 Jurusan Agroteknologi diminta untuk menjawab dua puluh pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner. Dosen Bahasa Inggris jurusan Agroteknologi diwawancara untuk mendapatkan informasi lainnya. Pengembangan silabus Bahasa Inggris berdasarkan kebutuhan mahasiswa di Jurusan Agroteknologi. Silabus terdiri dari: (1) identitas mata kuliah, (2) SK (Standar Kompetensi), (3) KD (Kompetensi Dasar), (4) indikator pembelajaran, (5) topik/sub topik, (6) materi pembelajaran, (7) aktivitas pembelajaran, 8) penilaian,(9) alokasi waktu, (10) media dan sumber. Silabus ini divalidasi oleh para ahli, yaitu dosen jurusan Pendidikan Bahasa Inggris untuk mencocokkan kesesuaian dari desain dan juga unsur kebahasaan dari silabus, dan dosen dari jurusan Agroteknologi untuk mencocokkan isi dari silabus untuk mahasiswa jurusan Agroteknologi. Revisi dan evaluasi dilakukan berdasarkan saran, kritik, koreksi dari para ahli dan kemudian silabus ini diujicobakan kepada mahasiswa jurusan Agroteknologi. Hasil akhir pengembangan ini berupa silabus pengajaran Bahasa Inggris untuk mahasiswa jurusan Agroteknologi di Universitas Borneo Tarakan dilengkapi dengan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan 3 unit materi. Berdasarkan hasil uji coba produk dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara, materi yang dibahas adalah yang berkaitan dengan kebutuhan mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris.
The study was conducted to propose an English syllabus for Agrotechnology students at Borneo University Tarakan. This research employed Research and Development (R&D) design. The procedures of this Research and Development (R&D) were needs analysis, product development applied Dick and Carey model, expert validation, revision and evaluation, try-out the product, and revision and evaluation.To obtain the information needed as a base for designing English syllabus, 32 students of local A1 of Agrotechnology Department were asked to answer twenty questions in needs analysis questionnaire. English lecturer of Agrotechnology Department was also interviewed to get more information. The proposed English syllabus was based on the students’ needs in Agrotechnology Department. The syllabus consisted of: 1) Course identity, 2) Standar competence, 3) Basic competence, 4) Indicator(s), 5) Topics / Sub topics, 6) Learning activities, 7) Time allocation, 8) Assessment, 9) Learning material, and 10) Sources. It was validated by two experts. The first expert is the lecturer from English Department to check the appropriateness of the design and languages of the syllabus, and the second expert is the lecturer from Agrotechnology Department to check the appropriateness of the syllabus content with the students’ field. Revision and evaluation were conducted based on the suggestions, critics, and comments by experts and then the English syllabus was tried-out. The result of this research and development was a set of English syllabus for Agrotechnology students at Borneo University Tarakan completed with the sample of lesson plans and 3 units of instructional materials. Based on the result of the try-out of the product through observation sheet and interview,the materials in this proposed English syllabus is dealing with students’ needs in learning English.