
Problems Faced By English Language Teacher Of Seventh Grade Students Toward Evaluation On Curriculum 2013 At SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Muchamad Fachruroji - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan permasalahan yang dihadapi oleh guru bahasa inggris dalam melaksanakan kegiatan evaluasi permbelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana subjek dari penelitian ini adalah guru bahasa inggris SMP Negeri 8 Tarakan yang mengajar dikelas VII tahun pembelajaran 2014/2015. Sekolah ini berlokasi di jalan lestari kelurahan karang harapan Tarakan barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, kuisioner, dan dokumen analisis. Wawancara dilakukan kepada guru untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan kegiatan evaluasi belajar mengajar. Kuisioner ditujukan kepada guru sebagai data pendukung dan mengkonfirmasi data yang diperoleh dari hasil wawancara. Dokumen analisis digunakan untuk menganalisis dokumen yang digunakan guru dalam kegiatan evaluasi belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini bahwa masalah yang dihadapi guru dalam mengevaluasi pembelajaran adalah karena kurangnya kemampuan siswa untuk mendengar ujian lisan yang menyebabkan guru lebih banyak memberi ujian tertulis. Guru mengalami kesulitan dalam memberikan penilaian terhadap siswa dikarenakan beberapa siswa tidak aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung, beberapa siswa juga merasa malu dan takut untuk aktif berbicara di kelas.
The purpose of this study was to describe the problems faced by English Language teacher in conducting the evaluation of teaching and learning process. This research used descriptive qualitative method which is the subject of this research was an English teacher at SMP Negeri 8 Tarakan who taught in class VII grade academic year 2014/2015. The school located on the Lestari Street Kelurahan Karang Harapan Tarakan Barat. The research was conducted in June 2015. The research instruments used were interviews, questionnaires, and document analysis. Interview conducted to the teacher to find out the problems faced by teacher in conducting teaching and learning evaluation. Questionnaires conducted to teacher as supporting data and confirm the data obtained from interviews. Document analysis is used to analyze the documents used in the evaluation of teachers and learning. The results of this research was that the problems faced by teachers in evaluating the learning was the lack of ability of the students to hear the oral examination which caused the teacher should gave more written exam. Teacher has difficulty in providing an assessment of students because some students are not active during the learning process took place, some students also feel ashamed and afraid to actively speak in class.