
A Proposed English Syllabus For Students Of Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah Department Of Faculty Of Teacher Training And Education At Borneo University Tarakan
Pengarang : Nuraini Arbaah Nengsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan silabus dan mata pelajaran Bahasa Inggris bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Silabus mata pelajaran Bahasa Inggris tersebut dikembangkan dengan tujuan mempermudah dosen dan mahasiswa Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan pengembangan silabus Bahasa Inggris untuk mahasiswa Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah meliputi analisis kebutuhan, pengembangan silabus Bahasa Inggris, validasi ahli, evaluasi dan revisi, uji coba, evaluasi dan revisi serta hasil akhir. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah di Universitas Borneo tarakan dengan jumlah responden 20 orang. Aspek-aspek pengembangan silabus Bahasa Inggris untuk Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah mencakup (1) garis besar rangkaian pembelajaran (identitas pelajaran, uraian pelajaran dan tujuan umum pembelajaran; (2) tujuan pembelajaran; (3) topic dan sub-topik; (4) kegiatan pembelajaran; (5) alokasi waktu; (6) penilaian (7) sumber dan media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah silabus mata pelajaran Bahasa Inggris untuk mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah di Universitas Borneo tarakan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris mahasiswa Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.
The objective of this research was to develop the English Syllabus for students of Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Department of Faculty of Teacher Training and Education. The English Syllabus also developed to help the students and the lecturer in teaching and learning process. The research design in this research was research and development (R&D) design. There were some stages to develop the instructional materials. The stages were need analysis, developing the English Syllabus for students of Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Department, expert validation, evaluation and revision, try out, evaluation and revision, and final product. The respondents of this research was students of Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Department of Faculty of Teacher Training and Education at Borneo Tarakan University with total respondents were 20. The aspects of developing the instructional materials were (1) course outline (course identity, course description and course objective in general); (2) instructional objectives; (3) topics and sub-topics; (4) teaching and learning activity; (5) time allocation; (6) assessment; (7) sources and media. The final product of this research was an English Syllabus for students of Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Department of Faculty of Teacher Training and Education at Borneo Tarakan University which aim to emphasize the students’ language skills. and Education at Borneo Tarakan University; Advisor (1) Arifin (2) Syamsinar.