A Proposed English Instructional Material For Seventh Grade Students At SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of A Proposed English Instructional Material For Seventh Grade Students At SMP Negeri 7 Tarakan

A Proposed English Instructional Material For Seventh Grade Students At SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Ismayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu sebagai ajuan bahan ajar bahasa inggris untuk siswa kelas tujuh di SMP Negeri 7 Tarakan. Bahan ajar bahasa inggris adalah instrument pembelajaran yang sangat penting. Bahan ajar bahasa inggris adalah media pembelajaran bagi guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Tahap perancangan materi ajar terdiri dari: melakukan analisis kebutuhan, pengembangan materi ajar, validasi ahli materi ajar, evaluasi dan revisi, uji coba materi ajar dan evaluasi dan revisi materi ajar. Informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner, wawancara dengan guru bahasa inggris, dan analisis dokumen yang digunakana guru dalam mengajar bahasa inggris. Total dari siswa yang diminta untuk menjawab kuesioner adalah 135 siswa. Validasi ahli dilakukan dengan memberikan lembar validasi. Lembar validasi juga diberikan kepada siswa setelah melakukan uji coba materi ajar. Pengumpulan data dari validasi ahli mengindikasikan bahwa ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari produk yang perlu direvisi. Kemudian peneliti melakukan uji coba materi ajar dan melakukan revisi agar material ajar semakin baik dan sesuai dengan kebutuhan dan karakterisitik siswa. Bahan ajar bahasa inggris ini disusun berdasarkan kebutuhan dan karakter siswa SMP Negeri 7 Tarakan yang diperoleh dari hasil kuesioner dan wawancara. Aspek susunan bahan ajar ini meliputi: (1) Kompetensi Inti, (2) Kompetensi Dasar, (3) unit, (4) indicator, (5) tujuan pembelajaran, (6) topic, (7) sistem penilaian, (8) sumber. Bahan ajar ini berisi aktivitas-aktivitas dari setiap skill dalam bahasa inggris sesuai dengan siswa kelas 7 SMP Negeri 7 Tarakan. Berdasarkan hasil dari validasi ahli, bahan ajar ini tersusun dengan baik dan sesuai untuk digunakan untuk siswa kelas 7 SMP Negeri 7 Tarakan. Hasil dari penelitian ini adalah seperangkat bahan ajar bahasa inggris yang diharapkan dapat membantu guru sebagai acuan atau buku alternative untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.


The study was conducted with the aim to purpose English instructional material for seventh grade students at SMP Negeri 7 Tarakan. English instructional material is essential teaching instrument. English instructional material is a media for the teacher and students to achieve the goals of teaching learning activity in the classroom. The research design of this research was Research and Development (R&D). There were some procedures which employed in this research namely need analysis, developing the instructional material, conducting expert validation, revising the materials, trying out the materials, and revising the materials. The information was needed to conduct this research were obtained from questionnaires, interview with English teacher, and analysis document. The numbers of the respondents were 135 students. Expert validation was done by giving validation sheet to the experts. Evaluation sheet also was given to the students after tried out the materials. Gathering data from the expert validation indicated that there were some good and weak points of the developing materials which needed to be revised. Then the researcher tried out the materials and revised the materials to become better and appropriate with the needs and characteristics of the students. The instructional material was arranged based on students’ needs and students’ characteristic of SMP Negeri 7 Tarakan which gained from the questionnaires and interview with English teacher. The aspects of proposed instructional material consisted of (1) Content Competence, (2) Basic Competence, (3) unit, (4) indicators, (5) course objectives, (6) topics, (7) assessment system, (8) sources of the material. The instructional material provides some activities for each skill that suitable for seventh grade at SMP Negeri 7 Tarakan. Based on the expert judgment, this instructional material has been arranged well and suitable to use at SMP Negeri 7 Tarakan for seventh grade students. The result of this research was a set of English instructional material for seventh grade students at SMP Negeri 7 Tarakan. The instructional material was expected to help teacher at SMP Negeri 7 Tarakan as a guideline or an alternative product to use in the classroom.

Detail Informasi