
Improving Students’ Achievement On Writing Descriptive Text Through Circle Chain Game At Eighth Grade Of MTs Al-Fatah Tarakan In Academic Year 2014/2015
Pengarang : Hasnia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis deskriptif teks melalui permainan circle chain bagi kelas delapan MTs. AlFatah Tarakan tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 16 April sampai 1 Mei 2015 pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan MTs. Al-Fatah Tarakan yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini yaitu: lembar pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan circle chain game dapat meningkatkan prestasi siswa dalam menulis deskriptif teks di kelas VIII A MTs. Al-Fatah Tarakan tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan prestasi siswa dalam menulis deskriptif teks dapat dilihat dari nilai rata-rata tulisan siswa pada siklus pertama adalah 67,3 dan meningkat hingga 77,85 di siklus kedua. Penelitian ini berhasil karena jumlah siswa yang dinyatakan lulus mencapai 75% dimana penelitian dinyatakan sukses apabila siswa memperoleh kriteria ketuntasan minimum (KKM) 75. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi dari circle chain game dalam menulis teks deskriptif dapat meningkatkan prestasi menulis siswa di MTs. Al-Fatah Tarakan. Sehingga, circle chain game bisa menjadi sebuah teknik alternative dalam mengajar bahasa Inggris khususnya dalam mengajar menulis. The objective of this research was to improve the students’ achievement of writing descriptive text through circle chain game at the eighth grade of MTs. AlFatah Tarakan in academic year 2014/2015.
The design of this research used Classroom Action Research (CAR). The research was done from April 16 th until May 1st, 2015 in even semester academic year 2014/2015. The subject of this research was VIII A grade students of MTs. AlFatah Tarakan which consisted of 20 students. This research was done into some steps: planning, implementation, observation, and reflection. The research instruments were observation sheet and test. The result of this research showed that the used of circle chain game can improve the students’ achievement on writing descriptive text at the eighth grade of MTs. Al-Fatah Tarakan in academic year 2014/2015. The improvement of students’ achievement on writing descriptive text could be seen from the mean score of students’ writing in cycle I was 67.3 and in cycle II was 77.85. This research was successful because the total of the students who declared succeeded up to 75%, whereas the research was declared success if the students gained the minimum passing grade at least 75. Based on result above, it can be concluded that the implementation of circle chain game on writing descriptive text could improve the students’ writing achievement at MTs. Al-Fatah Tarakan. So, the circle chain game could be an alternative technique in teaching English especially in teaching writing.