The Implementation Of Teaching Reading Skill At The Eighth Grade Students Of SMP Negeri 7 Tarakan In Academic Year 2015/2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Implementation Of Teaching Reading Skill At The Eighth Grade Students Of SMP Negeri 7 Tarakan In Academic Year 2015/2016

The Implementation Of Teaching Reading Skill At The Eighth Grade Students Of SMP Negeri 7 Tarakan In Academic Year 2015/2016

Pengarang : Wahyu Ramadhan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi dari pembelajaran keahlian membaca pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 7 Tarakan yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Gunung belah Tarakan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris kelas delapan di SMP Negeri 7 Tarakan. Siswa diberikan materi pelajaran tentang teks narrative reading dengan menggunakan model CIRC. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan secara factual implementasi dalam pengajaran keterampilan membaca pada materi teks narrative pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 7 Tarakan dengan menggunakan instrumen dokumen, lembar observasi dan wawancara. Data yang didapatkan lalu dianalisis dengan menggunakan model analisis aliran Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru menyiapkan dokumen-dokumen sebelum proses belajar mengajar seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang akan diimplementasikan ke siswa. Beberapa siswa dapat bekerjasama dan saling menolong satu sama lain selama implementasi pengajaran reading skill dan siswa yang lainnya bekerja sendiri. Siswa dapat mengerti materi ketika mereka berdiskusi dengan pasangan mereka untuk menjawab tes tertulis dan sebagian besar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pengajaran reading skill dilakukan oleh guru bahasa inggris SMP Negeri 7 Tarakan dalam pengajaran membaca pada teks narrative termasuk dalam kategori biasa. Hasil tersebut didukung dengan pembenaran yang peneliti jabarkan pada aspek persiapan mengajar, proses mengajar dan dalam melakukan evaluasi ke siswa.

The objective of this research was to describe the implementation of teaching reading skill at the eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan located on Jalan Diponegoro, Gunung belah Tarakan. The subject of this research was the English teacher at the ninth grade of SMP Negeri 7 Tarakan. The students were taught narrative text material through CIRC as teaching model. The design of this research was descriptive qualitative research. It described factually about the implementation of teaching reading skill at the eighth grade students of SMP Negeri 7 Tarakan by using some instruments: document analysis, observation sheet and interview guide. The data obtained were analyzed using a model analysis of Miles & Huberman. The results of this research showed that teacher prepared the documents before the teaching learning process such as syllabus and lesson plan that teacher implemented to the students. Some students could work together and helped each other during the implementation of teaching reading skill and the other students worked individually. Students could comprehend the material when they discussed together with their partner to answer the written test. It can be concluded that the quality of English teacher in implementing teaching reading skill in SMP Negeri 7 Tarakan was moderate. It was supported by the justification that the researcher elaborated in aspect of teaching preparation, teaching process and conducting the evaluation to students.

Detail Informasi