
A Proposed English Poster Of Descriptive Text As Learning Media For Seventh Grade Students At SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Zaqiyah Amalia Ruliati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan topik-topik dan penilaian yang direkomendasikan yang harus disertakan dalam pengajuan poster Bahasa Inggris teks deskriptif sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Tarakan. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahapan dalam penelitian ini telah dimodifikasi berdasarkan kebutuhan peneliti yaitu mencakup analisis, desain, pengembangan, evaluasi (revisi), uji coba produk, dan produk akhir. Untuk mengumpulkan semua informasi yang berguna dalam merancang produk ini, sebanyak 324 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan diminta untuk menjawab enam belas pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner. Guru Bahasa Inggris kelas VII juga diwawancarai untuk mendapatkan informasi tentang masalah-masalah yang dihadapi dalam proses belajar menajar. Hasil rata-rata dari validator untuk poster Bahasa Inggris adalah berada dalam kategori baik, ini mengindikasikan poster Bahasa Inggris yang telah dikembangkan sudah cukup baik sesuai untuk kebutuhan dan kesukaan siswa. Meskipun demikian ada beberapa materi dan desain yang perlu direvisi, hal ini dilakukan untuk membuat materi dan desain poster Bahasa Inggris semakin baik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran poster Bahasa Inggris yang berisi materi tentang teks deskriptif yang didesain khusus untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan dengan cakupan isi: 1) judul poster, 2) pengertian teks deskriptif, 3) fungsi teks deskriptif, 4) struktur teks deskriptif, 5) unsur kebahasaan teks deskriptif, 6) contoh teks deskriptif, dan 7) penilaian yang direkomendasikan. Produk yang telah dikembangkan diharapkan dapat membantu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan dalam memahami materi teks deskriptif dan dapat memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris.
The objectives of the research were to find out the topics and recommended assessment that should be included in the proposed English Poster f descriptive text as learning media for seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan. The research design in this research was Research and Development (R&D). The research procedures of this research were modified based on the researchers’ needs covering analyze, design, development, evaluation (revision), implementation, and final product. To obtain all useful information in designing the product, 324 students of seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan were asked to answer sixteen questions in questionnaire. The English teacher was also interviewed to get information about the problems that faced by the English teacher in teaching learning process. The average result from the experts for the English poster was in a “good” category, it indicates the English poster that developed was appropriate for students’ needs and preferences. Nevertheless, there were some content and layout needs to revise. It was done to improve the content and layout of English poster better. The result of this research was a learning media of English poster contained descriptive text material for the seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan, The product of English poster contained: 1) the title, 2) the definition of descriptive text, 3) the social function of descriptive text, 4) the generic structure of descriptive text, 5) the language feature of descriptive text, 6) the example of descriptive text, and 7) recommended assessment. The product expected could help the seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan in understanding the descriptive text material and could be motivated them in learning English.