
The Implementation Of Make A Match Model To Improve Students’ Reading Achievement On Procedure Text At Seventh Grade Students Of SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Nor Izzaty - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi membaca siswa dalam teks prosedur dengan menggunakan make a match model. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-3 SMP Negeri 5 Tarakan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini dimulai dari bulan Februari sampai bulan Maret 2016. Peneliti melakukan penelitian dalam dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah tes membaca dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan make a match model dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pada siklus pertama, hasil tes membaca siswa adalah sebanyak 50% atau 17 siswa yang mencapai KKM dan 50% atau 17 siswa tidak mencapai KKM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 76% atau 26 siswa mencapai KKM dan hanya 24% atau 8 siswa yang tidak mencapai KKM. Selain itu, hasil observasi guru dan siswa pada aspek afektif dan psikomotor juga mengalami peningkatan pada siklus kedua. Pada observasi aspek afektif guru pada siklus pertama memperoleh skor 77 dan meningkat 89.5 pada siklus kedua. Kemudian pada aspek psikomotor guru memperoleh skor 66.5 pada siklus pertama dan meningkat 81.75 pada siklus kedua. Selain itu, pada observasi aspek afektif siswa memperoleh skor 58 pada siklus pertama dan meningkat 76.11 pada siklus kedua. Kemudian pada aspek psikomotorik siswa memperoleh skor 64 pada siklus pertama dan meningkat 76.7 pada siklus kedua. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan make a match model dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VII-3 SMP Negeri 5 Tarakan tahun ajaran 2015/2016.
The objective of this research was to improve students’ reading achievement on procedure text by using make a match model. Related to the purpose of the research, the research method used in this research was classroom action research (CAR). The subject of the research was the students of class VII-3 of SMP Negeri 5 Tarakan in the academic year of 2015/2016 consisting of 34 students. The research was conducted started from February to March 2016. The researcher conducted the research in two cycles consisted of three meetings, where each cycle consisted of four steps: planning, implementing, observing, and reflecting. The instruments used to collect the data were reading test and observation sheet. Based on the result of the research, it is shown that make a match model can improve students’ reading achievement. In the first cycle, the result of reading test showed only 50% or 17 students who passed the minimum passing grade and 50% or 17 students who did not pass the minimum passing grade. In the second cycle, it increased up to76% or 26 who pass the minimum passing grade and only 24% or 8 students who did not pass the minimum passing grade. Besides, the students and teacher observation result of affective and psychomotor aspect were improved in second cycle. The teacher’s affective aspect got score 77 in the first cycle and increased 89.5 in the second cycle. Then the teacher’s psychomotor aspect got score 66.5 in the first cycle and increased 81.75 in the second cycle. Besides, the students affective aspect got score 58 in the first cycle and increased 76.11 in the second cycle. Then, the students psychomotor aspect got score 64 in the first cycle and increased 76.7 in the second cycle. This research can be concluded that using Make a Match Model can improve students’ reading achievement of students class VII-3 of SMP Negeri 5 Tarakan in academic year 2015/2016.