
The Effectiveness Of Problem Based Learning In Teaching Speaking Of SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Tri Agus Sutantia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan sebelum dan sesudah implementasi model Problem Based Learning terhadap keterampilan berbicara siswa pada kelas sebelas di SMKN 2 Tarakan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Quasi-Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebelas di SMKN 2 Tarakan pada tahun akademik 2015/2016, Simple Random Sampling telah dipilih dalam menentukan sampel.dan sampel yang terpilih adalah Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik Konstruksi Kayu (TKKY) yang berjumlah 66 siswa. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes kemampuan berbicara. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari nilai siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Hal tersebut dibuktikan dari data normalitas, data homogenitas, dan independent sample t-test. Data Normalitas dari grup eksperimenn menunjukkan bahwa nilai signifikan dari posttest adalah lebih tinggi daripada level signifikan (0.100 > 0.05). Data Homogenitas dari grup eksperimen menunjukkan bahwa nilai signifikan dari posttest lebih tinggi daripada level signifikan (0.198 > 0.05). Selanjutnya, hasil analisis uji independent samples t-test ditemukan bahwa nilai ttest lebih tinggi daripada nilai t-table (3.544 < 1.66864). Kesimpulannya adalah problem based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Tarakan.
The objective of this research was to determine whether before and after the teacher’s implementation of Problem Based Learning model on students’ speaking skill at eleventh grade students in SMKN 2 Tarakan. The design of this research was Quasi-Experimental Research. Population in this research was all of the students in eleventh grade students in SMKN 2 Tarakan in the academic year of 2015/2016, Simple Random Sampling was chosen to determine the sample. The samples were Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Department and Teknik Konstruksi Kayu (TKKY) Department which were consisted of 66 students. The technique of data collection used by the researcher was speaking skill test. The research result showed that there was significant difference of the students’ score between experimental group and control group after treatment. It was proven with the normality data, homogeneity data, and independent sample ttest. The Normality data in experiment group showed that the significance value of posttest is higher than the level of significance (0.100 > 0.05) The Homogenity data in experiment group showed that the significance value of posttest is higher than the level of significance (0.198 > 0.05) .Then, the result from the Independent Sample t-test showed that the value of t-test was higher than the value of t-table (3.544 > 1.668). This result could be concluded that the problem based learning was effective in improving the speaking skill of the eleventh grade students at SMK Negeri 2 Tarakan.