
An Analysis On Students’ Errors In Using Relative Pronouns (Who, Whom, Which, Whose) At Eighth Grade Students Of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Nur Abidin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menemukan kesalahan-kesalahan yang sering dibuat oleh siswa pada penggunaan kata penghubung dalam adjective clause. Selain itu penelitian ini juga menentukan kesalahan-kesalahan kata penghubung yang paling sering dibuat oleh siswa dalam adjective clause. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test tulis dan wawancara. Selanjutnya, setelah peneliti mengumpulkan data, kemudian menganalisis data tersebut menggunakan rumus: P = x 100% Jadi, penulis mendeskripsikan dan menginterpretasikan data tersebut tentang kesalahan-kesalahan yang sering dibuat oleh siswa dalam penggunaan kata ganti penghubung (who, whom, which, whose). Hasil penelitian ini tentang kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam menggunakan kata ganti penghubung (who, whom, which, whose) dengan jumlah tingkat kesalahan yang digambarkan secara berurutan dari hasil yang tertinggi sampai terendah, meliputi: whose, who, whom, dan which. Sementara itu, kesalahan yang paling banyak dibuat siswa adalah dalam menggunakan kata ganti penghubung (whose) dengan presentase kesalahan tertinggi 34.48%. Selanjutnya, dalam jenis-jenis kesalahan, sebagian besar siswa membuat kesalahan dalam misformation dengan presentase 70.69%, omission 20.69%, dan misordering 8.62%. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 1 Tarakan belum menguasai dalam menggunakan kata ganti penghubung (who, whom, which, whose) dalam adjective caluse terutama dalam menggunakan kata ganti penghubung (whose).
The objectives of this research were to find out the frequency of errors made by the students on using relative pronoun in adjective clause. In this research also determine the most relative pronoun errors made by students in adjective clause. This research used descriptive quantitative and the instruments of this research were written test and interview. Furthermore, after the writer collected the data, then analyzed them by using formula: P = x 100% so, the researcher described and interpreted the data about what the types of errors that the students made in using relative pronouns (who, whom, which, whose). The finding of this research were about the students’ errors on using relative pronouns (who, whom, which, whose) by describing the frequency of error in the sequence based on the most to the least frequency of errors, there were: whose, who, whom, and which. Meanwhile, the most students made error in the relative pronoun (whose) with the highest percentage error 34.48%. Furthermore, in the type of error, most students made error in misformation with 70.69%, omission 20.69%, and misordering 8.62%. It can be concluded that the most eighth grade students of SMP Muhammadiyah 1 Tarakan have not mastered yet in using relative pronouns (who, whom, which, whose) of adjective clauses especially in using relative pronoun (whose).