
Problems Faced By English Language Teacher In Teaching Process At SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Marlena - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam proses mengajar di SMP Negeri 9 Tarakan tahun akademik 2015/2016. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang guru bahasa Inggris di SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam melaksanakan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa masalah yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam melakukan proses pembelajaran, guru kesulitan dalam menghadapi siswa yang membuat kebisingan di kelas. Selain itu, masalah yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris adalah kurangnya media yang dapat mendukung proses pembelajaran sehingga motivasi siswa berkurang dan membuat siswa malas belajar dan tidak antusias sebab media dan methode yang digunakan tidak menarik.
This research conducted to find out the problems faced by English language teacher in teaching process at SMP Negeri 9 Tarakan academic year 2015/2016. The subjects of this study was composed of two English teachers at SMP Negeri 9 Tarakan. Qualitative descriptive research is the method used in this research. The purpose of this research was to describe the problems faced by English teachers in teaching process. The technique of collecting data in this research was observation, interviews and document analysis. The results of this research showed that the problems faced by English language teachers in teaching process, the teachers difficulties in dealing with students who were made noise in the classroom. Beside, the problems faced by English teachers is the lack of media that can support the learning process so that the students' less motivation decreases and made students lazy to study and not enthusiastic because the media and the method used is not attractive.