
A Proposed English Worksheet For Eleventh Grade Students Of SMK Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Achmad Errie Diru - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Lembar Kerja Bahasa Inggris merupakan salah satu media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan melatih keterampilan berbahasa serta meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Inggris berupa lembar kerja siswa yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Tarakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah 283 siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti dalam mengembangkan lembar kerja Bahasa Inggris terdiri dari: analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, membuat rancangan awal, validasi ahli, uji coba dan revisi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengambil data adalah pedoman wawancara, dokumen, lembar validasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli, skor rata-rata untuk masing-masing aspek didaktis dan konstruksi adalah 3,2 dengan kategori cukup valid, sedangkan aspek teknis 3,6 dengan kategori valid. Dari hasil tersebut diperoleh skor rata-rata akhir 3,3 dengan kategori valid. Hal ini mengindikasikan lembar kerja Bahasa Inggris yang dikembangkan oleh peneliti sudah cukup baik dan layak untuk uji coba. Tanggapan siswa terhadap lembar kerja Bahasa Inggris mencapai 77,29% dan guru 80.68% dengan kategori respon positif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja Bahasa Inggris yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
English Worksheet is one of alternative learning media that can be used to facilitate students in expanding knowledge and improving skill as well as stimulating students to be more active in learning. The objective of this research was to develop English learning media in form of student worksheet that appropriate with needs and characteristics of eleventh grade students at SMK Negeri 1 Tarakan. The design of this research was research and development. The subject of the research were 283 eleventh grade students of SMK Negeri 1 Tarakan. The development procedure of English Worksheet were: front-end analysis, student analysis, concept analysis, task analysis, specifying instructional objectives, media selection, format selection, initial design, expert validation, try out and revision. The instrument used by the researcher to collect data were interview guideline, documents, validation sheet and questionnaires. The finding of the research showed that based on the expert validation, the mean score for each aspect of didactic and construction is 3,2 with category of quite valid while technical aspect is 3,6 with category of valid. Based on the scores it was obtained the final mean score is 3,3 with category of valid. It indicated the developed English Worksheet was good and qualified for try out. The percentage of students’ response towards the English Worksheet was 77,29% and teacher was 80,68% with category of positive response. In conclusion, the developed English Worksheet in this research was appropriate with students’ needs and characteristics as well as eligible to be used in English learning.