Improving The Students Achievement On Vocabulary Through Songs At RA Handayani Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Improving The Students Achievement On Vocabulary Through Songs At RA Handayani Tarakan

Improving The Students Achievement On Vocabulary Through Songs At RA Handayani Tarakan

Pengarang : Suhariyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas ( PTK ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata khususnya murid di taman kanak – kanak kelompok B2 melalui lagu – lagu berbahasa Inggris pada tahun ajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang tergabung dalam Kelompok B dan berjumlah 40 anak. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kosakata Bahasa Inggris anak Kelompok B RA Handayani Tarakan Tahun Ajaran 2015 / 2016 sebelum dilaksanakan tindakan penelitian kelas sebesar 50 %. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui lagu seperti meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak diperoleh hasil Siklus I menjadi 68% dan Siklus II meningkat menjadi 70%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bermain gambar pembelajaran bahasa Inggris mudah diserap oleh anak. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui lagu dapat meningkatkan kosakata Bahasa Inggris anak Kelompok B RA Handayani Tahun Ajaran 2015 / 2016 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

The research design of this research was Clasrrom Action Research ( CAR ). Thev objective of this reseaarch was to improve the students vocabulary at Group B of RA Handayani Tarakan through English Song in Academic year 2015 / 2016.This study is a collaborative action research. Subjects in this study were children aged 5-6 years who are members of Group B and amounted to 40 children. The method used for data collection, observation and documentation. Analysis of the data used in this research is descriptive qualitative and quantitative. The results of this study indicate that the English vocabulary of children Group B RA Handayani Tarakan Academic Year 2015/2016 before being implemented action class research by 50% After the agreed actions, namely through songs such as improving English vocabulary of children obtained results first cycle to 68% and Cycle II increased to 70% The results of this study meets the indicator of achievement of 75%. The results showed that learning English through songs easily absorbed by children. Based on research data of the class action, it can be concluded that through song can improve children's English vocabulary Group B RA Handayani Academic Year 2015/2016 is proven and can be accepted as true.

Detail Informasi