
Teachers’ Techniques In Teaching Vocabulary To Young Learners At SDK St. Fransiskus Xaverius And SDS Yaditra Intraka.
Pengarang : Rosdiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan teknik-teknik apa saja yang digunakan guru-guru dalam mengajar kosa kata kepada pelajar pemula di kelas empat dan teknik-teknik yang mana saja yang sering digunakan guru-guru dalam mengajar kosa kata kepada pelajar pemula di kelas empat. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa inggris di SDS Yaditra Intraka dan SDK. St. Fransiskus Xaverius. Untuk mengetahui teknik-teknik yang digunakan oleh setiap guru dalam mengajar kosakata, peneliti memakai tiga instrumen untuk menggumpulkan data, yaitu menggunakan wawancara, angket dan catatan lapangan. Dalam mengobservasi subjek penelitian, peneliti menggunakan perekam video untuk mendukung pengumpulan data alat rekam visual. Berdasarkan hasil dari ketiga instrumen untuk mengumpulkan data tersebut, diketahui bahwa teknik-teknik yang digunakan guru-guru di masing-masing sekolah ada yang sama dan berbeda. Teknik-teknik yang sering digunakan guru di SDS Yaditra intraka adalah listen and repeat and pair in pairs. Sementara itu, teknik-teknik yang digunakan di SDK. St. Fransiskus Xaverius adalah listen and Repeat and flashcards. Dengan demikian, disimpulkan bahwa teknik yang sering digunakan pada kedua sekolah tersebut adalah listen and repeat.
This was a descriptive qualitative research. The objectives of this research were to find out the techniques used by the teacher in teaching vocabulary to young learners at fourth grade and the techniques mostly used by the teachers in teaching vocabulary to young learners at fourth grade. The subject of this research was the English teachers at SDS Yaditra Intraka dan SDK. St. Fransiskus Xaverius. To find out what techniques used in teaching vocabulary, the researcher used three instruments to collect the data, such as: interview, questionnaire and field notes. In addition to the validity of data, the researcher also used the video recorder to support visual recording device data collection. Based on the results of data analysis, it is found that teachers’ techniques in teaching vocabulary in each school have similarities and differences. Teachers’ techniques that mostly used by the teacher in SDS Yaditra are listen and repeat and pair in pairs. Meanwhile the teachers’ techniques that mostly used by the teachers in SDK St. Fransiskus Xaverius are listen and Repeat and flash cards. It can be concluded that the technique that mostly used by the teacher both of the school was listen and repeat technique.