
The Effectiveness Of Make A Match Method In Improving Students Reading Comprehension On Narrative Text At Eleventh Grade Students Of Sma Negeri 1 Sembakung
Pengarang : Nur Candra Ariana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan metode Make A Match dalam meningkatkan nilai membaca siswa dalam teks narasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA Negeri 1 Sembakung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa. Penentuan sampel dengan cara teknik purposive sampling. Ada satu kelas sebagai sampel dalam penelitian ini yaitu kelas yang diberi perlakuan. Kelas XI IPA sebagai kelas yang diberi perlakuan. Kelas yang diberi perlakuan berjumlah 25 siswa. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pretest, treatment dan posttest. Pada tahap pretest siswa diminta untuk mengerjakan soal tes membaca dalam bentuk tes narasi. Setelah pretest, peneliti memberikan treatment. Kelas yang diberiperlakuan diajarkan menggunakan metode Make A Match. Setelah diberikan treatment, siswa diminta untuk mengerjakan soal tes membacadalam bentuk teks narasi pada tahap posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari nilai siswa antara pretes tdan posttest. Ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dari pretest adalah 61.12 dan 73.44 pada hasil posttest. Ini berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 12.32. Dari hasil analisis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan signifikan dari nilai tes membaca siswa antara pretest dan posttest. Hasil dari Paired Sample t test menunjukkan bahwa -3.189 dan lebih besar dari angka t table (-1.711) itu berarti pemahaman membaca siswa mengalami peningkatan setelah perlakuan diberikan. Sedangkan hasil dari perbandingan sig (2 tailed) 0.004 lebih kecil dari 0.05, itu berarti bahwa metode Make A Match dapat memberikan kontribusi pada kemampuan pemahaman membaca siswa pada teks narasi. Dari kedua hasil tersebut dapat dilihat bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dalam menulis teks deskripsi setelah perlakuan diberikan oleh peneliti. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Make A Match efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa.
This research objective was to find out whether there was any significant difference in students before and after using Make A Match method in improving students reading comprehension at eleventh grade students of SMA Negeri 1 Sembakung. This research used pre experimental design. The populations in this research were all of eighth grade students at SMA Negeri 1 Sembakung. The numbers of sample in this research were 25 students. The samples were chosen by using purposive sampling technique. There was one class as the sample. Class for treatment class was XI IPA. It consisted of 25 students. The steps in this research were pretest, treatment, and posttest. In the pretest, the students were asked to answer the reading text of narrative. After giving pretest, the researcher gave treatment. The treatment class was taught by using Make A Match method. After giving the treatment, students were asked to answer the reading test of narrative text in the posttest. The research result shows that there was different mean score between pretest and posttest. It was proven by the result of the students’ mean score from pretest was 61.12 and 73.44 in the posttest. It meant that the improvement of the students’ mean score was 12.32. It showed that the improvement of the students’ mean score in the posttest was higher than pretest. From the data analysis, it indicated that there was significant difference from the students’ reading test between pretest and posttest. The result of Paired Sample t test showed that -3.189 and higher than t table (-1.711), it means that the students reading comprehension have an improvement after giving the treatment. Meanwhile, the result of sig (2 tailed) 0.004 is lower than 0.05, it means that the Make A Match method can give contribution to the students’ reading comprehension on narrative text. From both of the result it can be seen that there is significant different between pretest and posttest on students’ reading comprehension after the treatment is given by the researcher. Based on the explanation above, it can be concluded that using Make A Match method is effective in teaching reading.