
The Effectiveness Of Cartoon Video In Writing Narrative Text At Eleventh Graders Of SMA Mulawarman Tarakan
Pengarang : Yulianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan strategi Cartoon Video dan Picture Series dalam meningkatkan nilai tulisan siswa dalam teks naratif. Metode penelitian ini adalah quasi experimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas sebelas di SMA Mulawarman Tarakan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling. Ada dua kelas yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kelas X.B- berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen diajarkan menggunakan strategi Cartoon Video sedangkan kelas XI.A sebagai kelas control berjumlah 20 siswa diajarkan dengan menggunakan Picture Series Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pre-test, treatment, and post-test. Data yang dianalisis adalah data nilai hasil pre-test dan post-test dari kelas eksperimen dan kontrol. Peneliti menggunakan Kolmogorov Smirnov untuk menguji normalitas, One way anova untuk menguji homogenitas, dan independent sample ttest untuk mengetahui perbedaan antara kelas dengan menggunakan SPSS version 22.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji normalitas antara kelas eksperimen dan kontrol adalah (0.146 and 0.200) pada pretest dan (0.078 and 0.140 pada posttest. Ini berarti probability value (Sig.) lebih besar daripada level of significance (>0.05). Sedangkan, hasil dari variant homogen adalah (0.067) pada pre-test, (0.614) pada post-test. Nilai significant dari pretest lebih rendah daripada level significant tapi post-test adalah lebih besar daripada level significant. Ini berarti sampel memiliki varian yang sama. Dalam hasil skor independent sampe t-test adalah (1.245) pada pretest lebih rendah daripada t (2.024). Ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan setelah mendapatkan penerapan dari peneliti. tabel. Berdasarkan penjelasan diatas, nilai siswa memiliki peningkatan setelah diajarkan menggunakan strategi Picture Series. Dapat disimpulkan bahwa strategi Cartoon Video lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa daripada Picture Series.
The general objective of the study was to find out whether there is any significant effect of the students who were taught by using cartoon viedo can improve students’ writing score in narrative text. The method of the research was quasi experimental. The population of this research were all of grade at SMA Mulawarman Tarakan. The number of samples in this research were 40 students. Samples were chosen by using total sampling. There were two classes as sample in this research were the experiment and control class.XI.B class consisted 20 students as experiment class was taught by using Cartoon Video, while class XI.A as control class consisted 20 students was taught by using Picture Series. The instrument of this research was written test. The steps of this research were pretest, treatment, and posttest. The instrument of this research was writing test. The data was taken from students’ score in pretest and posttest of experiment and control class. The researcher used Kolmogorov-smirnov to test normality, One way anova to test homogeneity and independent sample t to know the differences between both of the class by using SPSS version 22.0. The research results shows that normality test between experiment and control class value were (0.146 and 0.200) in pretest and (0.78 and 0.140) in posttest. It illustrated that the probability value (Sig.) was higher than the level of significance (>0.05). Therefore, the result of homogeneity of variance were (0.067) in pretest, (0.614) in posttest. The significance value on pretest was lower than the level of significance but postest was higher than the level of significance. It indicates that the sample has homogeneous variants. In Independent sample t-test result were (1.245) in pretest was lower than T (2.024) it can be concluded that there was improvement after got the treatment that given by the researcher. Based on the explanation above, the students’ score was increased after taught by using Cartoon Video. It can be concluded that Cartoon Video strategy is more effective to increase students’ writing score than Cartoon Movie model.