Learning Strategies Used By The English Teacher In Implementing Curriculum Of 2013 At SMP Negeri 03 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Learning Strategies Used By The English Teacher In Implementing Curriculum Of 2013 At SMP Negeri 03 Tarakan

Learning Strategies Used By The English Teacher In Implementing Curriculum Of 2013 At SMP Negeri 03 Tarakan

Pengarang : Suriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang sering digunakan guru dalam menerapkan kurikulum 2013, strategi pembelajaran dalam penelitian ini seperti strategi penemuan, strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran berbasis proyek, dan strategi pembelajaran kerjasama, serta masalah yang dihadapi guru bahasa inggris kelas VII dalam menerapkan strategi pembelajaran di dalam proses pembelajaran. Desain dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa inggris kelas tujuh. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian menggunakan tiga instrument seperti catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Data mulai dikumpulkan pada bulan Agustus tahun 2017 dengan guru bahasa Inggris kelas VII (tujuh). Wawancara melibatkan guru bahasa Inggris dan kepala sekolah SMP Negeri 03 Tarakan. Dokumen tersebut ialah rencana pembelajaran, dan untuk dokumentasi ialah gambar-gambar atau foto-foto. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 terutama dalam penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa inggris kelas VII (tujuh) dalam proses belajar mengajajar memiliki masalah. Masalah-masalah tersebut ialah kurangnya pemahaman guru dalam mengembangkan materi pembelajaran dalam kurikulum 2013. Sehingga, guru lebih sering menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. Terbatasnya buku pelajaran mengenai kurikulum 2013 mengakibatkan guru bahasa inggris kurang tertantang dalam mengasah kemampuan dalam hal mengajar. Kurangnya pelatihan mengenai kurikulum 2013 dan itulah sebabnya guru bahasa Inggris tidak menerapkan strategi pembelajaran dalam kurikulum 2013 dengan baik, guru tidak pandai dalam memotivasi murid untuk antusias dalam belajar dan itu mempengaruhi proses belajar mengajar.

The objectives of the study are to find out the learning strategies that teacher often used in applying the curriculum 2013, learning strategies in this study such as Discovery, Problem-based learning, Project based learning, Learning cooperative, and problems faced by English teacher of the seventh grade students in implementing learning strategies in the learning process. The research design of this study was descriptive qualitative. The subject of this study is the English teacher of the seventh grade students. Techniques of collecting the data in this study used three instruments they are field notes, interview, and document. Data were collected in August of 2017 English teacher of seventh grade students. Interview was conducted involving English teacher and headmaster of SMP Negeri 03 Tarakan. The document is a lesson plan, and for documentation are pictures. The result of this study indicated that the implementation of the curriculum of 2013, especially in the used of learning strategies used by the English teacher of the seventh grade students in the learning process has problems. The problems are the lack of understanding of teacher in developing learning material in the curriculum 2013. Thus, teacher more often used problem based learning strategies. The limited textbook on the curriculum 2013 resulted in the English teacher of less challenged to improve the ability of teaching. Lack of training on the curriculum 2013 and the English teacher did not implement learning strategies in the curriculum of 2013 well, the teacher was not good at motivating students to be enthusiastic in learning and it is influenced the learning process.

Detail Informasi