Needs Analysis In English For Specific Purposes For Eleventh Grade Automotive Engineering Students At SMKN 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Needs Analysis In English For Specific Purposes For Eleventh Grade Automotive Engineering Students At SMKN 2 Tarakan

Needs Analysis In English For Specific Purposes For Eleventh Grade Automotive Engineering Students At SMKN 2 Tarakan

Pengarang : Sarinah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Analisis Kebutuhan Siswa adalah suatu prosedur yang sistematis yang dilakukan untuk tujuan menganalisis kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran bahasa inggris di sekolah kejuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa kelas XI jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Tarakan dalam belajar bahasa Inggris yang meliputi Target Situation Analysis, Present Situation Analysis dan Learning Situation Analysis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 95 siswa kelas XI jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Tarakan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengambil data adalah pedoman wawancara untuk guru Bahasa Inggris dan kuesioner untuk siswa kelas sebelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan utama siswa belajar Bahasa Inggris adalah untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar, berkomunikasi dengan orang asing dan untuk digunakan dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti. Keterampilan berbicara dan mendengarkan siswa juga masih pada tingkat yang rendah dibandingkan dengan keterampilan menulis dan membaca. Selanjutnya siswa lebih memilih tambahan materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan materi yang sesuai dengan jurusan mereka di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI jurusan Teknik Otomotif membutuhkan metode pembelajaran komunikatif untuk menunjang kemampuan dan motivasi belajar siswa di kelas dengan dibantu dengan materi pembelajaran yang kontekstual. Analisis kebutuhan siswa ini dapat dilanjutkan untuk dibuatkan materi atau lembar kerja siswa khususnya jurusan teknik otomotif yang disesuaikan dengan data yang disediakan oleh peneliti.


Student Needs Analysis is a systematic procedure undertaken for the purpose of analyzing the needs of students in the process of learning English for Specific Purposes in vocational school. The objective of this study was to identify the needs of eleventh grade students especially Automotive Engineering program at SMK Negeri 2 Tarakan in learning English based on Need Analysis. Need analysis in this study was categorized as Target Situation Analysis, Present Analysis and Learning Situation Analysis. The design of this study was descriptive qulitatitive. The subjects of the study were 95 eleventh grade students of SMK Negeri 2 Tarakan. The instrument used by the researcher to collect the data was interview guideline for English teacher and questionnaires for eleventh grade students. The finding of the study showed that students need to learn English primarily with the purpose to speak fluently, communicate with foreigner and to get a job in the future. Their speaking and listening skills were also at the lower level than their writting and reading skills. Furthermore, students preferred additional resources to the material topic which is related to their daily life and school program. In conclusion, the study recommended that teachers should provide communicative method to improve students’ ability in English and learning activity that improve their motivation to learning English. This need analysis can be continued by the next researcher to make learning material or worksheet for eleventh grade automotive engineering students.

Detail Informasi