
The Use Of Cartoon Film To Teach Writing On Narrative Paragraph For The Eighth Grade Students Of SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Vivi Fatmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari nilai siswa setelah menggunakan film kartun dalam pengajaran menulis paragraf naratif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Tarakan dimulai pada tanggal 09 Januari – 16 Januari 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian preeksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 10 Tarakan. Jumlah populasi adalah 6 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pre-test, treatment, dan post-test. Pada tahap pre-test siswa diminta untuk menulis sebuah paragraf naratif berdasarkan topik yang telah diberikan. Setelah pre-test, peneliti memberikan treatment selama 3 pertemuan. Pada kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan film kartun sebagai media pengajaran. Setelah diberikan treatment didalam kelas eksperimen, siswa diminta untuk menulis sebuah paragraf naratif pada tahap post-test. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat perbedaan dari nilai pre-test dan post-test. Ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil nilai rata-rata siswa dalam pre-test adalah 42,90 dan hasil nilai rata-rata post-test adalah 72,67. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre-test. Dari hasil analysis data membuktikan bahwa ada perbedaan signifikan nilai siswa setelah diajarkan dengan menggunakan film kartun dalam pengajaran menulis paragraf naratif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media film kartun adalah sebuah media yang efektif digunakan dalam pengajaran menulis paragraf naratif untuk siswa kelas delapan di SMP Negeri 10 Tarakan.
This research objective was to find out whether there was any significant difference of the students score after being taught by using cartoon film in teaching writing narrative paragraph.This research was done in SMP Negeri 10 Tarakan started on the 09th January – 16th January 2017. This research used pre-experimental design. The populations of this research were all of eighth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan. The numbers of population were six class. The samples of this research were chosen by using cluster random sampling with the numbers of sample as much as 25 students. The steps in this research were pre-test, treatment, and posttest. In the pre-test the students were asked to write a narrative paragraph based on the topic that given. After giving pre-test, the researcher gave the treatment did it for three meeting. In the experimental class was taught by using cartoon film as a teaching media. After giving the treatment in experimental class, students were asked to write a narrative paragraph in the post-test. The research result showed that there was different score of pre-test and post-test. It was proven with the result of data analysis by using SPSS version 22.0. The result of the students’ mean score in the pre-test was 42, 90 and the result of the students’ mean score in the post-test was 72, 67. It shows that the students’ mean score in the post-test was higher than the mean score in pre-test. From the data analysis, it indicated that there was significant difference of students’ score after being taught by using cartoon film in teaching writing narrative paragaraph. Therefore, it can be concluded that cartoon film of media is an effective that used in teaching writing narrative paragraph for the eighth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan.