
The Correlation Between Students’ Vocabulary Mastery And Reading Comprehension At The Tenth Grade Students Of SMK Kesehatan Kaltara Tarakan In Academic Year 2016/2017
Pengarang : Yeheskil - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dan pemahaman membaca siswa dalam memahami teks bacaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan tahun pembelajaran 2016/2017 dimulai pada 20 Februari 2017 sampai dengan 27 Februari 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi yang menerapkan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa. Sampel kelasnya adalah kelas X Farmasi. Data diambil dari dua tes multiple choices sebagai instrumen dalam penelitian ini. Bentuk tesnya adalah tes kosakata siswa dan tes pemahaman membaca siswa. Hasil dari uji normalitas, homogenitas dan linieritas dalam penelitian ini lebih tinggi dari level of significance (>0.05). Ini berarti bahwa nilai kosakata dan nilai pemahaman membaca pada kelas X Farmasi terdistribusi secara normal, homogen dan linier. Selain itu, dari hasil perhitungan tes korelasi menunjukkan nilai Rxy dan R table. Nilai R xy adalah 0.186 dan nilai Rtable adalah 0.381. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Rtable lebih tinggi dari pada nilai Rxy (0.381 > 0.186). Ini berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dan pemahaman membaca siswa dalam penelitian ini. Sehingga dapat diasumsikan bahwa hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternative (Ha) di tolak. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata siswa tidak memiliki hubungan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa untuk siswa kelas sepuluh di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan.
The objective of this research was to investigate whether there was any significant correlation between students’ vocabulary mastery and students’ reading comprehension in comprehending reading text. This research was carried out in SMK Kesehatan Kaltara Tarakan in academic year 2016/2017 started on the 20th February 2017 until 27th February 2017. This research used correlation research design who applied quantitative approach. The samples were chosen by using cluster random sampling technique. The numbers of the sample in this research were 27 students. The sample class was X Farmasi class. The data were taken from two multiple choices test as the instrument in this research. The form of the test were students’ vocabulary test and students’ reading comprehension test. The result of normality test, homogeneity of variance and linearity test in this research were higher than the level of significance (>0.05). It means that vocabulary score and reading comprehension score at X Farmasi were distributed normally, homogeneous and linear. Besides, from the result of computation of correlation test showed the value of Rxy and Rtable. RXy value was 0.186 and Rtable was 0.381. It indicates that the value of Rtable was higher than the value of Rxy (0.381 > 0.186). It means there is no significant correlation between students’ vocabulary mastery and students’ reading comprehension in this research. It can be assumed that null hypothesis (Ho) is accepted and alternative hypothesis (Ha) is rejected. Based on the explanation above, it can be concluded that students’ vocabulary mastery had no a significant correlation between students’ reading comprehension for tenth grade students at SMK Kesehatan Kaltara Tarakan.