The Effectiveness Of Using Board Game To Improve Students’ Speaking Skill At Eleventh Grade Students Of SMA Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effectiveness Of Using Board Game To Improve Students’ Speaking Skill At Eleventh Grade Students Of SMA Negeri 2 Tarakan

The Effectiveness Of Using Board Game To Improve Students’ Speaking Skill At Eleventh Grade Students Of SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Bahariah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat keefektifan penggunaan permainan papan terhadap kemampuan bahasa Inggris pada siswa kelas sebelas di SMA Negeri 2 Tarakan tahun akademik 2017/2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan diuji menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan tes lisan yang berbentuk wawancara sebagai instrumen penelitian yang terdiri atas tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian ini adalah sebelum menggunakan permainan papan, nilai rata-rata dari kelas eksperimental adalah 48,00.
Setelah menggunakan permainan papan, nilai rata-rata meningkat menjadi 57,82. Hal ini membuktikan bahwa permainan papan efektif untuk digunakan dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa karena peningkatan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan permainan papan. Peneliti juga menggunakan t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil yang didapat menunjukkan nilai ttest adalah 4.932 sedangkan nilai t-table pada taraf signifikan 5% adalah 2.035. Itu berarti t-test lebih tinggi dibandingkan dengan t-table (ttest > ttable). Hal ini mengindikasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa, berdasarkan perbedaan nilai ratarata antara tes awal dan tes akhir, permainan papan effektif untuk diaplikasikan dalam mengajar kemampuan berbicara dan berdasarkan T-test, penggunaan permainan papan mempunyai efek signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa.

The objective of this research is to find the effectiveness os using board game towards students’ speaking skill for the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Tarakan academic year 2017/2018. To know whether this media is effective, the researcher used pre experimental study applied in 34 students of XI IIS 3 as experimental class. The method that used in this research was quantitative design and tested by using SPSS version 22.0. The design of this research was pre experimental design. To get the data, the researcher used oral test in form of interview as the instrument of research, consisted of pretest and posttest. The result of this research is the mean score of experimental class was 48.00. after using board game, the mean score increased to 57,82. It means that board game is effective towards students’ speaking skill. Then the value of t-test is 4.932 while the value of t-table with significant 5% is 2.035. it means that t-test is higher than t-table (ttest > ttable). It indicated the null hyphotesis is rejected and the alternative hyphotesis is accepted. In conclussion, based on the difference of mean score between pretest and posttest , board game is effective to be applied in teaching speaking and based on t-test, using board game has significant effect towards students’ speaking skill.

Detail Informasi