
The Correlation Between Students’ Speaking Anxiety Toward Speaking Ability Of Eighth Grade At MTs DDI Tarakan
Pengarang : Yunita Herdianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kecemasan berbicara siswa terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris didepan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs DDI Tarakan dimulai pada 02 Februari 2017 sampai dengan 20 Februari 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi yang menerapkan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purpose Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa. Sampel kelasnya adalah kelas VIII A. Data diambil dari kuisioner, test berbicara dan wawancara. Bentuk kuisioner adalah pernyataan mengenai kecemasan berbicara siswa dan tes berbicara untuk menilai kemampuan siswa. Hasil dari uji normalitas, homogenitas dan linieritas dalam penelitian ini lebih tinggi dari level of significance (>0.05). Ini berarti bahwa hasil kuisioner dan nilai kemampuan berbicara siswa pada kelas VIII A terdistribusi secara normal, homogen dan linier. Selain itu, dari hasil perhitungan tes korelasi menunjukkan nilai Rxy dan R-table. Nilai Rxy adalah 0.396 dan nilai Rtable adalah 0.381. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Rxy lebih tinggi dari pada nilai Rtable (0.396 > 0.381). Hal tersebut menandakan ada hubungan yang signifikan antara kecemasan berbicara siswa terhadap kemampuan berbicara siswa di depan kelas dalam penelitian ini. Sehingga dapat diasumsikan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
The objective of this research was to investigate whether there was any significant correlation between students’ speaking anxiety toward speaking ability. This research was carried out in MTs DDI Tarakan started on the 02 February 2017 until 20th February 2017. This research used correlation research design which applied quantitative approach. The samples were chosen by using purpose sampling technique. The numbers of the sample in this research were 27 students. The sample class was VIII A class. The data were taken from questionnaire, speaking test and interview as the instrument of this research. The questionnaire form was the statements related to students’ speaking anxiety and speaking test to measure the students speaking ability. The result of normality test, homogeneity of variance and linearity test in this research were higher than the level of significance (>0.05). It means that questionnare result and speaking ability result at VIII A class were normally distributed, homogeneous and linear. Moreover, from the result of computation of correlation test showed the value of Rxy and R-table. Rxy value was 0.396 and Rtable was 0.381. It indicates that the value of Rxy was higher than the value of Rtable (0.396 > 0.381). It means that there is significant correlation between students’ speaking anxiety toward students speaking ability in this research. It can be assumed that alternative hypothesis (Ha) is accepted and null hypothesis (Ho) is rejected.