
The Effectiveness Of Comic Strip To Improve The Students’ Writing Skill On Narrative Text At The Tenth Grade Students Of SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Andrie Aristyanto Putra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media comis strip dalam menulis naratif bagi siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Tarakan pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah quasi experimental. Sample diambil dengan menggunakan purposive sampling technique. Ada dua kelas yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan comic strip media sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan picture series media. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis. Data yang dianalisis adalah data nilai hasil pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan independent sample Ttest dengan SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas eksperimen adalah 80.40 dan nilai rata – rata kelas kontrol adalah 60.13. Tidak hanya hasil dari independent sample Ttest pada tingkat signifikansi 0.05 level, tetapi juga nilai Ttable dan Ttest. Nilai Ttable adalah 2.002 dan nilai Ttest adalah 5.854. Hal ini menunjukkan bahwa Ttest lebih tinggi dari pada nilai Ttable (5.854 > 2.002). Dengan kata lain, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil analisis data membuktikan bahwa hasil pengajaran menggunakan comic strip lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan picture series. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa metode comic strip memberikan dampak dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 2 Tarakan dalam menulis teks naratif.
The objective of this research is to know the effect of using comic strip media on the students writing skill on narrative text for tenth grade students of SMA Negeri 2 Tarakan. The method of this research was quasi experimental. The samples were taken by using purposive sampling technique. There were two classes as the samples of this research. The experimental class was taught by using comic strip media and control class was taught by using picture series media. The instrument of this research was writing test. The analyzed data was from pretest and posttest of the experimental class and control class. In analyzing the data, the researcher used independent sample Ttest with SPSS 23.0. The result of the research showed that the mean score of experimental class was 80.40 and the mean score of control class was 60.13. Not only the result of the independent sample Ttest at the 0.05 level, but also the value of Ttable and Ttest. Ttable value was 2.002. and Ttest was 5.854. It indicates that the value of Ttest was higher than Ttable (5.854 > 2.002). In other words, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. The result of the analysis data result proves that taught by using comic strip was higher than taught by using picture series. Based on the result above, it can be concluded that comic strip gives an effect on improving the students writing skill on narrative text of SMA Negeri 2 Tarakan.