Evaluasi Kinerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Evaluasi Kinerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan

Evaluasi Kinerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan

Pengarang : Cristien Lin Seleng - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kota Tarakan salah satu pulau yang memiliki banyak Pelabuhan mulai dari Pelabuhan besar sampai Pelabuhan kecil. Sebagai salah satu pelabuhan yang paling padat dan sering digunakan untuk proses bongkar muat, maka Pelabuhan Tengkayu I Tarakan perlu penanganan khusus menangani proses bongkar muat dengan tujuan untuk mengetahui kepuasan dan memprioritaskan penggunan dan peningkatan kinerja bongkar muat di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan. Beberapa faktor untuk mengetahui kepuasan dan prioritas bongkar muat adalah jumlah kunjungan kapal, agen,/ pengguna. Untuk mengetahui kepuasan dan prioritas penanganan maka digunakan beberapa langkah yaitu menggunakan metode penelitian berupa metode survei dan observasi lapangan dengan penyebaran angket/kuesioner dan wawancara dengan agen, kemudian analisis data dilakukan dengan metode Importance Performance Analisis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Dari Hasil survei pendahuluan didapat 80 responden, dan dari Hasil IPA diketahui bahwa kualitas kinerja bongkar muat sangat rendah dan tidak memberikan kepuasan terhadap user dalam melakukan bongkar muat, sedangkan tingkat kepentingannya tinggi. Sehingga, didapat 9 atribut untuk menjadi prioritas utama untuk di perbaiki seperti yang tertera pada kuadran I, begitu juga dengan Hasil QFD yang didapatkan atribut yang menjadi prioritas penanganan peningkatan produktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan.

Tarakan City is an island that has many ports ranging from large ports to small ports. As one of the most congested ports and is often used for the loading and unloading process, the Tarakan Tengkayu I Port needs special handling to handle the loading and unloading process with the aim of knowing satisfaction and prioritizing the use and improvement of loading and unloading performance at the Tarakan I Tengkayu I port. Some factors to determine satisfaction and priority of loading and unloading are the number of ship visits, agents, / users. To determine satisfaction and priority handling, several steps are used, namely using the research method in the form of survey methods and field observations by distributing questionnaires / questionnaires and interviews with agents, then data analysis is carried out using the Importance Performance Analysis (IPA) and Quality Function Deployment (QFD) methods. From the preliminary survey results obtained 80 respondents, and from the IPA Results it is known that the quality of loading and unloading performance is very low and does not give satisfaction to the user in loading and unloading, while the level of importance is high. Thus, 9 attributes were obtained to be the main priority to be repaired as stated in quadrant I, as well as the QFD results obtained as priority priority handling handling at Tengkayu I Tarakan port.

Detail Informasi