
The Effectiveness Of Using English Tourism Brochure To Improve The Student’s Writing Skill On Descriptive Text At The Tenth Grade Students Of SMK Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Riske Rosmala - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media English Tourism Brochure dalam menulis teks deskripsi bagi siswa kelas sepuluh SMK Negeri 1 Tarakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini mengggunakan desain penelitian pre-experimental. Populasi pada penelitian ini aalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X UPW (Usaha Perjalanan Wisata). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas X UPW adalah kelas yang diberi perlakuan. Kelas yang diberi perlakuan berjumlah 22 siswa. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pretest, treatment, posttest. Pada tahap pretest, siswa diminta untuk mengerjakan writing test. Setelah pretest, peneliti memberikan treatment. Kelas yang diberi perlakuan diajarkan dengan menggunakan media English Tourism Brochure. Setelah diberikan treatment, siswa diminta untuk mengerjakan writing test pada tahap posttest. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan paired sample t-test dalam aplikasi SPSS 23.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata diantara pretest dan posttest. Ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dari pretest adalah 40.16 dan 58.13 pada hasil posttest. Ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 17.969. Hasil dari t-value lebih besar dari t-table (8.997 >2.080). Itu membuktikan bahwa kemampuan menulis siswa dalam teks descriptive text mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan. Hasil dari perbandingan sig (2 tailed) 0.000 lebh kecil dari 0.05, itu berarti bahwa media English Tourism Brochure dapat memberikan kontribusi pada kemampuan menulis siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media English Tourism Brochure efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dalam descriptive text pada kelas X di SMK Negeri 1 Tarakan.
The objective of this research was to find out wheter there was any significant difference in students’ writing skill before and after being taught using English Tourism Brochure media in learning descriptive text at the Tenth grade students of SMK Negeri 1 Tarakan. The design of this research was Pre-Experimental research. The population in this research was all of the tenth grade students at SMK Negeri 1 Tarakan. The sample in this research was 32 students. The sample was chosen by using purposive sampling technique. Class for treatment was X UPW (Usaha Perjalanan Wisata). It consisted of 32 students. The steps in this research were pretest, treatment, and posttest. In the pretest, the students were asked to answer the writing test. After giving the pretest, the researcher gave treatment. The treatment class was taught by using English Tourism Brochure media. After giving the treatment, students were asked to answer the writing test in posttest. In analyzing the data, the researcher was used paired sample t-test in SPSS 23.0. The result of this study showed that there was different mean score between pretest and posttest. It was proven by the result of students’ mean score from pretest was 40.16 and 58.13 in the posttest. It indicates that the improvement of the students’ mean score was 17.969. The result t-value is higher than t-table (8.997 > 2.080). It proves that the students’ writing skill in descriptive text improved after giving the treatment. The result of sig (2 tailed) 0.000 is lower than 0.05, it means that the English Tourism Brochure can give any contribution to the students’ writing skill. It can be concluded that using English Tourism Brochure is effective to improve the students’ writing skill in descriptive text at the tenth grade students of SMK Negeri 1 Tarakan.