
The Effectiveness Of Make A Match Method In Teaching Reading Comprehension For Seventh Graders Of SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Rizka Puspa Dewi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Make a Match Method dalam pengajaran pemahaman membaca teks descriptive pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 12 Tarakan tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah 225 siswa kelas tujuh di SMP Negeri 12 Tarakan. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII-4 yang terdiri dari 38 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pre-test, treatment, dan post-test. Pada tahap pre-test, siswa diminta untuk menjawab soal pilihan ganda teks deskriptif. Setelah pre-test, peneliti memberikan treatment. Treatment yang diberikan pada kelas eksperimen adalah Make a Match Method. Setelah diberikan treatment, siswa diminta untuk menjawab soal pilihan ganda tahap post-test. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang significant antara nilai pre-test dan post-test. Ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa yakni 21.84. Dari hasil perhitungan menggunakan paired samples T-test dapat diketahui bahwa nilai sig.2 tailed lebih kecil dibandingkan level of significant (0.000 < 0.05). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan Make a Match Method dalam pengajaran pemahaman membaca teks deskriptif. Paired samples T-test telah dianalisis menggunakan SPSS version 22.0. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Make a Match Method efektif dalam pengajaran pemahaman membaca teks deskriptif pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 12 Tarakan tahun akademik 2016/2017.
The objective of this research was to find out the significant effect of using Make a Match Method in teaching reading Comprehension of descriptive text at seventh grade students of SMP Negeri 12 Tarakan in academic year 2016/2017. This research used pre experimental design. The population of this research were 225 students of the seventh graders at SMP Negeri 12 Tarakan. The sample of this research was VII-4 class that consisted of 38 students. The sample was chosen by using purposive sampling technique. The steps in this research were pre-test, treatment and post-test. In the pre-test, the students were asked to answer the questions of multiples choices a descriptive text . After giving pre-test, the researcher gave the treatment. The experiment class was taught by using Make a Match Method. After giving the treatment, students were asked to answer the questions of multiples choices in the post-test. The result of this research showed that there was significant difference between score of pre-test and post-test. It showed that the improvement of the students’ mean score was 21.84. Paired samples T-test showed that sig. (2 tailed) was lower than level of significant (0.000 < 0.05). It indicated that the alternative hypothesis ( ) was accepted and the null hypothesis (H0) was rejected. Thus, there was a significant effect of using Make a Match Method in teaching reading comprehension of descriptive text. The Paired samples t-test was analyzed by used SPSS version 22.0. To sum up, Make a Match Method was effective in teaching reading comprehension of descriptive text at seventh graders of SMP Negeri 12 Tarakan in academic year 2016/2017.