
The Effectiveness Of Using Word Square On Students’ Vocabulary Mastery At Seventh Grade Students In SMP Negeri 1 Sebatik Tengah
Pengarang : Asran - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Word Square dan Crossword dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMPN 1 Sebatik Tengah. Jumlah populasi adalah 4 kelas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 56 siswa. Penentuan sampel dengan cara teknik purposive sampling. Ada dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas control. Kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol berjumlah 28 siswa. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pretest, treatment dan posttest. Pada tahap pretest siswa diminta untuk menjawab pertanyaan. Setelah pretest, peneliti memberikan treatment. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan Word Square dan kelas kontrol diajarkan menggunakan Crossword. Setelah diberikan treatment pada kedua kelas, siswa diminta untuk menjawab soal dalam bentuk Word Square untuk kelas eksperimen dan Crossword untuk kelas control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari nilai siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dari kelas eksperimen dalam pretest adalah 49.64 dan 79.11 pada hasil posttest. Ini berarti pada kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 29.47. Hasil nilai siswa dari kelas kontrol pada pretest adalah 54.29 dan hasil posttest adalah 68.04. Ini berarti pada kelas kontrol terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 13.75. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol. Selisih peningkatan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 15.72. Dari hasil analysis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan signifikan dari nilai menulis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari independent sample t-test pada pretest menunjukkan bahwa -0.943 dan lebih kecil dari angka t-table (2.005), itu berarti kedua kelas tidak mengalami peningkatan apapun sebelum perlakuan diberikan. Sedangkan hasil independent sample t-test pada posttest menunjukkan bahwa 3.595 dan lebih besar dari angka t-table (2.005). Itu berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas experimental dan control dalam penguasaan kosakata. Berdasarkan keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan Word Square lebih efektif dibandingkan dengan Crossword.
This research investigated whether there was any significant difference between the students who were taught by using Word Square and those who were taught by using Crossword or not. This research used quasi experimental design. The population of this research was all of seventh grade students at SMPN 1 Sebatik Tengah. The numbers of sample in this research were 56 students. The samples were chosen by using purposive sampling technique. There were two classes as sample. They were experimental class and control class. Class for an experimental class was VII A and VII B as the control class. Experimental class consisted of 28 students and control class consisted of 28 students. The steps in this research were pretest, treatment, and posttest. In the pretest, the students were asked to answer the questions. After giving pretest, the researcher gave treatment. Experimental class was taught by using Word Square and control class was taught by using Crossword. After giving the treatment for both of the class, students were asked to answer the question in form of word square for experimental class while crossword for control class. The research result shows that there was different mean score between experimental and control class. It is proven by the result of the students’ mean score from experimental class in the pretest was 49.64 and 79.11 in the posttest. It means that the improvement of the students’ mean score in experimental class was 29.47. The result of the students’ mean score from control class in the pretest was 54.29 and in the posttest were 68.04. It means that the improvement of the students’ mean score in control class was 13.75. It shows that the improvement of the students’ mean score in the experimental class was higher than control class. The gains of the students’ improvement mean score was 15.72. From the data analysis, it indicates that there was significant difference from the students’ score. The result of independent sample t-test in pretest showed that -0.943 and lower than t-table (2.005), it means that there is no improvement in both of classes before getting the treatment. Meanwhile, the result of independent sample t test in posttest showed that 3.595 and higher than t table (2.005). It means that there is different ability between experimental and control class in mastering vocabulary after the treatment is given by the researcher. Based on the explanation above, it can be concluded that using Word Square is more effective than using Crossword.