Studi Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Di Kota Tarakan (Studi Kasus : Jalan Yos Sudarso Kota Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Di Kota Tarakan (Studi Kasus : Jalan Yos Sudarso Kota Tarakan)

Studi Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Di Kota Tarakan (Studi Kasus : Jalan Yos Sudarso Kota Tarakan)

Pengarang : Rudi Saputra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Keberadaan penyeberang jalan pada tingkat tertentu akan mengakibatkan konflik yang tajam dengan arus kendaraan yang pada gilirannya berakibat tundaan lalu lintas dan tingginya tingkat kecelakaan. Penyediaan prasarana dan sarana bagi pejalan kaki sangat diperlukan untuk meminimalkan konflik antara penyeberang jalan dan kendaraan, memperkecil tundaan lalu lintas, serta memberikan rasa keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Pada jalan arteri Kota Tarakan seperti di ruas Jalan Yos Sudarso adalah merupakan jalan rute angkutan umum dimana jalan tersebut merupakan koridor dan mode transit menuju aktivitas perkantoran, pendidikan, perdagangan, sosial dan lainnya. Maka pengembangan fasilitas pejalan kaki yang menyeberang di Jalan Yos Sudarso perlu terus dilakukan untuk mencapai kondisi ideal bagi pejalan kaki.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arus lalu lintas kendaraan dan penyeberang jalan, untuk mengetahui kebutuhan fasilitas penyeberangan di Jalan Yos Sudarso Kota Tarakan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data primer berupa survei data arus lalu lintas dan data penyeberang jalan, data sekunder berupa peta lokasi dan data penunjang lainnya. Survei-survei dilakukan minimum untuk 6 jam pada periode jam sibuk, dihitung untuk masing-masing jalan, dan 4 nilai tertinggi PV2 rata-rata. Analisis data dengan menggunakan rumus PV2 untuk mengetahui pemenuhan jenis fasilitas penyeberangan yang dibutuhkan. Pengamatan dilakukan dengan jarak per 100 m sepanjang Jalan Yos Sudarso, maka terdapat 31 segmen penelitian. Dari hasil perhitungan didapat nilai rata-rata arus lalu lintas penyeberang jalan (P) dan kendaraan (V) pada 31 segmen lokasi penelitian yaitu P = 23 orang/jam dan V= 4470 kendaraan/jam. Dari 31 segmen yang dibahas, terdapat 4 segmen yang membutuhkan fasilitas penyeberangan yaitu Segmen 1, Segmen 4, Segmen 9, dan Segmen 19. Hasil dari penentuan fasilitas penyeberangan, maka didapat fasilitas penyeberangan yang sesuai dengan lokasi penelitian yaitu pelikan dengan lapak tunggu.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi