Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Utara Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Utara Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 2 Tarakan

Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Utara Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Putri Ramadhani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi berbasis kearifan lokal Kalimantan Utara menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa adalah tindakan kelas yang melibatkan satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CIRC mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi berbasis kearifan lokal Kalimantan Utara pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Tarakan. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Penelitian yang dilaksanakan pada siklus I diperoleh hasil belajar dari total 32 siswa hanya 11 siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase (34%) dan 21 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dengan persentase (66%). Hasil belajar pada siklus II menunjukkan peningkatan dimana total 32 siswa terdapat 29 yang tuntas dengan persentase (91%) dan terdapat 3 siswa yang tidak tuntas dengan persentase (9%). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penilaian mengalami peningkatan pada hasil belajar menulis puisi berbasis kearifan lokal Kalimantan Utara menggunakan model CIRC pada siklus I yang masih kurang, pada siklus II siswa sudah mampu dan memahami cara menulis puisi dengan baik secara kolaboratif.

kata kunci: Teks Puisi, Kearifan Lokal, Cooperative Integrated Reading and Composition

This study aims to enhance poetry writing skills based on North Kalimantan local wisdom among Class VIII-1 students at SMP Negeri 2 Tarakan, utilizing the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model. The method employed in this study to improve students' poetry writing skills is classroom action research, involving one class. The findings demonstrate that implementing the CIRC learning model effectively improved poetry writing skills based on North Kalimantan local wisdom for students in Class VIII-1 at SMP Negeri 2 Tarakan. The significant improvement in student learning outcomes across Cycle I and II evidences it. In Cycle I, out of 32 students, only 11 achieved a passing score, accounting for 34%, while 21 students scored below the Minimum Completeness Criteria (KKM), representing 66%. Learning outcomes in Cycle II showed a substantial improvement, with 29 out of 32 students achieving mastery (91%), and only 3 students not meeting the criteria (9%). The data analysis indicates that while assessment in Cycle I was still lacking, the implementation of the CIRC model improved learning outcomes for writing poetry based on North Kalimantan’s local wisdom. In Cycle II, students could understand and apply collaborative methods for writing poetry effectively. keywords: Poetry text, Local wisdom, Cooperative Integrated Reading and Composition

Detail Informasi