KECEMASAN MAHASISWA PLP PGSD DALAM MENGAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of KECEMASAN MAHASISWA PLP PGSD DALAM MENGAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

KECEMASAN MAHASISWA PLP PGSD DALAM MENGAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Pengarang : Herlina Ema - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kecemasan mengajar matematika sering kali dialami oleh mahasiswa calon guru, khususnya dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan mahasiswa PLP PGSD UBT angkatan 2021 dalam mengajar matematika di Sekolah Dasar. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif ini melibatkan 104 mahasiswa PLP PGSD UBT angkatan 2021 sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara, kemudian dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66% (68 mahasiswa) mengalami kecemasan mengajar matematika pada kategori sedang, diikuti 19% (20 mahasiswa) kategori tinggi, dan 15% (16 mahasiswa) kategori rendah. Wawancara mendalam dengan tiga sampel kunci menunjukkan mahasiswa mengalami kecemasan meliputi keterbatasan penguasaan materi, kurangnya pengalaman mengajar matematika yang berdampak pada rendahnya kepercayaan diri dan self-efficacy, serta kurangnya kesiapan dan keterampilan manajemen kelas. Temuan ini mengindikasikan perlunya dukungan lebih lanjut bagi mahasiswa PLP PGSD untuk mengatasi kecemasan dalam pengajaran matematika.

Kata Kunci : Kecemasan Mengajar Matematika, Mahasiswa PLP PGSD, Sekolah Dasar

Mathematics teaching anxiety is commonly experienced by prospective teachers, particularly during the School Field Experience (PLP) programme. Therefore, this study aimed to describe the teaching anxiety of PLP PGSD UBT students from the 2021 class when teaching mathematics in elementary schools. This is a quantitative study using a descriptive approach. This descriptive quantitative study involved 104 PLP PGSD UBT students from the 2021 class as samples. Data werw collected thourgh questionnaires and interviews, the analysed using desriptive statistics. The study results showed that 66% (68 studensts) experienced moderate anxiety in teaching mathematics, followed by 19% (20 students) in the high category, and 15% (16 students) in the low category). In-depth interviews with three key informants revealed that students experienced anxiety due to limited mastery of the subject matter, lack of teaching ecperience in mathematics, which impacted their self- confidence and self efficacy, as well as insufficient preparation and classroom management skills. These findings indicated the need for further support for PLP PGSD students to address anxiety in mathematics teaching. Keywords: Mathematcis teaching, PLP PGSD Students, Elementary School

Detail Informasi