
Teaching Methods Used By The Teacher In Teaching Reading Comprehension At The Eighth Grade Students Of SMPN 10 Tarakan
Pengarang : Indri Nanda Pratiwi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan metode-metode apa saja yang digunakan guru dalam mengajar membaca kepada siswa di kelas delapan dan metode-metode apa saja yang sering digunakan guru-guru dalam mengajar membaca kepada siswa di kelas delapan. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa inggris di SMPN 10 Tarakan. Untuk mengetahui metode-metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar membaca, peneliti memakai tiga alat untuk mengumpulkan data, yaitu menggunakan wanancara, catatan lapangan, dan dokumen. Dalam mengobservasi subjek penelitian, peneliti menggunakan perekam video untuk mendukung pengumpulan data alat rekam visual. Berdasarkan hasil dari keempat instrumen dalam menggumpulkan data tersebut, ditemukan bahwa penggunaan metode Cooperative Script, Picture and Picture, dan Problem Solving dalam mengajar membaca pada siswa kelas delapan termasuk dalam kategori baik. Dalam hasil observasi dan catatan lapangan selama enam kali pertemuan, didapatkan dari satu observer bahwa penggunaan metode Cooperative Script, Picture and Picture, and Problem Solving dalam mengajar membaca pada siswa kelas VIII-5 dan VIII-4 yang dilakukan oleh guru bahasa inggris adalah baik. Dalam persiapan pengajaran, guru menyiapkan segala komponen rencana pelaksanaan pembelajaran and isinya sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Ini didukung dengan indikator penggunaan teknik pengajaran seperti guru tidak menggunakan semua langkah-langkah metode pengajaran dengan sesuai, guru bisa mengkontrol kelas, dan siswa tidak terlalu aktif selama proses mengajar. Hasil ini juga didukung dengan hasil wawancara. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative Script, Picture and Picture, and Problem Solving dalam mengajar membaca pada siswa kelas delapan sesuai dengan teori metode Cooperative Script, Picture and Picture, and Problem Solving dan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
This was a qualitative descriptive research. The objective of this study was to describe factually about the use of Teaching Methods Used By the Teacher In Teaching Reading Comprehension for eighth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan. The subject of this research was the teacher of English of ninth grade SMP Negeri 10 Tarakan. In collecting the data, document, field note, and interview were used in this research. The data obtained were analyzed using a model analysis of Miles & Huberman. Based on the result of the study, it was showed that the Cooperative Script, Picture and Picture, and Problem Solving in teaching reading on eighth grade students included in either category. In the result of observation and performance record for six times meeting, obtained from one observer by using the method of Cooperative Script, Picture and Picture, and Problem Solving in teaching reading on the students of class VIII-5 and VIII-4 conducted by English teacher is good. In preparation for teaching, teachers prepared all components of the implementation plan of learning and content in accordance with the material to be taught. This is supported by indicators of the use of teaching techniques such as not being able to use all the steps of teaching methods accordingly, teachers can control the class, and students are not very active during the teaching process. These results are also supported by interview results. Thus, it can be concluded by using Cooperative Script, Picture and Picture Methods, and Problem Solving in reading teaching on eighth grade students in accordance with the Cooperative Script, Picture and Picture, and Problem Solving methods and effective in improving students' reading ability.