
The Influence Of Journal Writing To Improve Students’ Writing Ability In Recount Text At Eighth Grade Of SMPN 6 Tarakan
Pengarang : Murniati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah menggunakan Journal Writing dalam pengajaran recount text di SMP Negeri 6 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian. Kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII-F yang diajarkan dengan menggunakan Journal Writing. Kelas delapan terdiri dari 7 (tujuh) kelas. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis. Dalam menganalisis data, peneliti. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata dalam pretest dan posttest. Ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dari pretest adalah 59.52 dan 74.12 pada hasil posttest. Hasil dari Paired Sample t-test yaitu 6.052 lebih besar dari angka t-table yaitu 2.064. Itu berarti kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan. Hasil dari perbandingan sig (2 tailed) 0.000 lebih kecil dari 0.05, itu berarti bahwa Journal Writing dapat memberikan kontribusi pada kemampuan menulis siswa. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Journal Writing dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam recount text.
This research objective was to find out whether there was any significant difference in students’ writing ability before and after the use of Journal Writing in learning recount text at Eighth grade students of SMP Negeri 6 Tarakan. The design of this research was Pre-Experimental research. The sample was taken by using purposive sampling technique. This research only used one class as the sample of the research. Class VIII-F was a sample of this research which was taught by using Journal Writing. Eighth grade it consisted of 7 (seven) classes. The instrument of this research was writing test. In analyzing the data, the researcher used paired sample T-test with SPSS 22.0. The result of this research shows that there was different mean score in pretest and posttest. It was proven by the result of the students’ mean score from pretest was 48.00 and 64.63 in the posttest. The result of Paired Sample t-test was 6.052 higher than t-table was 2.064. It means that the students’ writing ability improved after gave the treatment. The result of sig (2 tailed) 0.000 is lower than 0.05, it means that Journal Writing can give contribution to the students’ writing ability. Based on the explanation above, it can be concluded that using of Journal Writing can improve to student’s writing ability in recount text.