ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN DIAGNOSIS HIPERTENSI (HT) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN DIAGNOSIS HIPERTENSI (HT)

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN DIAGNOSIS HIPERTENSI (HT)

Pengarang : Aftanela Yuzhi Syifa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    LAPORAN TUGAS AKHIR

Abstract

Asuhan keperawatan yang optimal terhadap pasien dengan hipertensi memegang peranan penting dalam mencegah komplikasi jangka panjang dan mendukung proses pemulihan. Studi kasus ini bertujuan mendeskripsikan penerapan asuhan keperawatan secara komprehensif pada dua pasien dengan diagnosis hipertensi yang dirawat di ruang Dahlia A RSUD dr. H. Jusuf SK Tarakan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan proses keperawatan sistematis yang mencakup pengkajian, penetapan diagnosis, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Hasil yang ditemukan pada pengkajian 2 pasien dengan Hipertensi menunjukkan keluhan utama yang berbeda namun memiliki riwayat hipertensi yang serupa, dengan temuan pemeriksaan tekanan darah tinggi dan gejala penyerta seperti nyeri kepala dan lemas. Masalah keperawatan yang ditetapkan meliputi penurunan curah jantung, nyeri akut, risiko perfusi serebral tidak efektif, dan risiko penurunan curah jantung dan ketidakpatuhan. Intervensi difokuskan pada manajemen nyeri, edukasi gaya hidup sehat, pemantauan tanda vital, serta dukungan terhadap kepatuhan pengobatan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya perbaikan kondisi subjektif maupun objektif pada kedua pasien, meskipun tingkat respons terhadap edukasi dan intervensi berbeda. Studi ini menunjukkan bahwa pendekatan individual, edukatif, dan kolaboratif dalam asuhan keperawatan sangat berperan dalam meningkatkan kualitas hidup pasien hipertensi dan mencegah kekambuhan.

Kata Kunci: Asuhan Keperawatan, Edukasi Pasien Studi Kasus, Evaluasi, Hipertensi

Optimal nursing care for patients with hypertension plays a crucial role in preventing long-term complications and supporting the recovery process. This case study was aimed to describe the implementation of comprehensive nursing care in two patients diagnosed with hypertension who were treated in the Dahlia A room of Dr. H. Jusuf SK Tarakan Regional General Hospital. The method employed was descriptive through a systematic nursing process approach that included assessment, diagnosis, planning, implementation, and evaluation. The results found in the assessment of two patients with hypertension showed different chief complaints but had a similar history of hypertension, with findings of high blood pressure examination and accompanying symptoms such as headache and weakness. The identified nursing problems included decreased cardiac output, acute pain, the risk of ineffective cerebral perfusion, and the risk of decreased cardiac output and non-compliance. Interventions focused on pain management, healthy lifestyle education, vital sign monitoring, and support for medication adherence. The evaluation results showed improvements in subjective and objective conditions in both patients, although the level of response to education and interventions differed. This study indicated that an individualized, educational, and collaborative approach in nursing care played a significant role in improving the quality of life of hypertensive patients and preventing recurrence. Keywords: Nursing Care, Patient Education, Case Study, Evaluation, Hypertension

Detail Informasi