Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Junarti Dewi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik self management terhadap prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda menyelesaikan tugas-tugas akademik. Teknik self management digunakan sebagai pendekatan intervensi dalam layanan konseling kelompok untuk membantu siswa mengelola diri dan mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah lima siswa kelas X yang dipilih secara purposive berdasarkan hasil skala prokrastinasi akademik dengan ketegori tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest setelah diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management. Dengan demikian, terdapat pengaruh teknik self management terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 3 Tarakan.

Kata Kunci: Self Management, Prokrastinasi Akademik, Konseling Kelompok

This study aims to determine the effect of self-management techniques on academic procrastination, which is the behaviour of delaying the completion of academic tasks. Self-management techniques were used as an intervention approach in group counselling services to help students manage themselves and reduce academic procrastination behaviour. This study used a quantitative approach and a pre- experimental one-group pretest-posttest design. The sample consisted of five 10th- grade students selected purposively based on their academic procrastination scale scores in the high category. Data analysis techniques used a paired sample t-test. The results showed a significant difference between pretest and posttest scores after receiving group counselling services using self-management techniques. Thus, self- management techniques affected academic procrastination among students at SMA Negeri 3 Tarakan. Keywords: Self-Management, Academic Procrastination, Group Counseling

Detail Informasi