PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V-A SDN 031 SIMPANG AMAL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V-A SDN 031 SIMPANG AMAL

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V-A SDN 031 SIMPANG AMAL

Pengarang : Dominggus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Box yang dievaluasi berdasarkan validasi media, materi, bahasa, dan praktisi. Penelitian ini dilakukan untuk menilai minat siswa terhadap materi pembelajaran Smart Box. Proses penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil validasi menghasilkan 100% dari ahli media, 94% dari ahli materi, 84% dari ahli bahasa, dan 97,1% dari ahli praktisi, semuanya dikategorikan sangat layak. Hasil validasi dari ahli media, materi, bahasa, dan praktisi menunjukkan bahwa media pembelajaran Smart Box sangat sesuai untuk digunakan dalam proses pendidikan. Hasil minat siswa dalam uji coba terbatas adalah 92,9%, sedangkan uji coba lapangan menghasilkan 88,8%, keduanya dikategorikan sangat menarik. Hasil kuesioner minat siswa yang dilakukan selama uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa menunjukkan minat yang signifikan terhadap media pembelajaran Smart Box.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Model ADDIE, Media Pembelajaran Smart Box

This study employs a research and development (R&D) approach with the aim of developing the “Smart Box” learning media, evaluated through expert validation in terms of media design, content, language, and practical application. The research was also conducted to assess students’ interest in learning using the Smart Box media. The development process followed the ADDIE model, which consists of five phases : Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Validation results yielded a score of 100% from media experts, 94% from content experts, 84% from language experts, and 97,1% from practitioner experts, all of which fall into the “highly feasible” category. These validation findings suggest that the Smart Box media is highly suitable for use in educational contexts. In terms of student engagement, the limited trial recorded a student interest score of 92,9%, while the field trial showed a score of 88,8%, both categorized as “very engaging”. Student interest questionnaires administered during both the limited and field trials indicate a high level of enthusiasm and engagement with the Smart Box learning media. Keywords: Research and Development, ADDIE Model, Smart Box Learning Media

Detail Informasi