Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan Pada Kegiatan Praktikum Biologi | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan Pada Kegiatan Praktikum Biologi

Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan Pada Kegiatan Praktikum Biologi

Pengarang : Desi Nofitasari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik pada kegiatan praktikum biologi yang layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dibatasi hanya pada tahap Development. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-I SMA Negeri 2 Tarakan yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman wawancara dan kuesioner, lembar validasi ahli, dan lembar angket. Hasil validasi ahli evaluasi diperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori layak. Respon guru terhadap instrumen penilaian aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori sangat layak. Sedangkan respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat menarik. Instrumen penilaian aspek psikomotorik yang dikembangkan telah memenuhi aspek kelayakan berdasarkan penilaian ahli evaluasi serta respon guru dan siswa. Oleh karena itu, instrumen penilaian aspek psikomotorik ini dapat direkomendasikan untuk kegiatan praktikum biologi.

Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Aspek Psikomotorik, Praktikum Biologi.

The purpose of this study was to develop an assessment instrument for psychomotor aspects in biology laboratory activities. This research was a Research and Development (R&D) study using the 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The study was limited to the Development phase. Data analysis used a qualitative and quantitative descriptive approach. The test subject in this study were 36 students from class XI-I of SMA Negeri 2 Tarakan. The research instruments included interview guidelines, questionnaires, expert validation sheets, and survey sheets. The expert evaluation validation results yielded a percentage of 85% in the acceptable category. The teachers responses to the psychomotor aspect assessment instrument obtained a rate of 87%, falling within a very acceptable category. Meanwhile, the students responses in the limited trial achieved an 85% success rate, with a particulary interesting category. The psychomotor aspect assessment instrument developed has met the acceptability criteria based on expert evaluations, as well as teacher and student responses. Therefore, this psychomotor aspect assessment instrument an be recommended for biology laboratory activities. Keywords: assessment instrument, psychomotor aspect, biology laboratory.

Detail Informasi