Deskripsi Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Peserta Didik Kelas IV B SDN 043 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Peserta Didik Kelas IV B SDN 043 Tarakan

Deskripsi Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Peserta Didik Kelas IV B SDN 043 Tarakan

Pengarang : Siska Melinda Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang memiliki tujuan mengamati hingga memikirkan solusi dari beberapa permasalahan yang terjadi di sekitar lingkunganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam dimensi mandiri dan kreatif pada peserta didik kelas IV B SDN 043 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling (teknik sample acak sederhana). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan P5 dalam dimensi mandiri dan dimensi kreatif pada subjek A, B, C dan D memiliki berbagai macam perbedaan karakter. Subjek A dan B terlihat memiliki sikap berani, percaya diri, memiliki kreatifitas yang tinggi dan terlihat luwes dalam proses pembuatan projek serta berani bertanggung jawab terhadap projek yang telah dikerjakan. Subjek C dan D terlihat begitu pasif, monoton, kurang yakin atas karyanya sendiri dan tidak percaya diri bahkan sulit mempertanggung jawabkan hasil pekerjaannya dalam proses penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis projek. Secara keseluruhan, penerapan Projek Penguatan profil Pelajar Pancasila ini tidak hanya berfokus pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan teknis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan kemampuan yang akan membentuk generasi penerus yang memiliki tanggung jawab, rasa percaya diri serta kreativitas yang tinggi.

The Pancasila Student Profile Reinforcement Project (P5) is an interdisciplinary learning approach that enables students to observe and devise solutions for various issues within their environment. This study aims to describe implementing the Pancasila Student Profile Reinforcement Project (P5), specifically focusing on the independent and creative dimensions among fourth-grade B students at SDN 043 Tarakan. The study employs a descriptive qualitative method, utilizing a Simple Random Sampling technique for subject selection. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The findings indicate that the implementation of P5, in terms ofthe independent and creative dimensions, shows diverse character differences among subjects A, B, C, and D. Subjects A and B demonstrated bravery, self-confidence, high creativity, and appeared flexible during the project creation process, as well as being willing to take responsibility for their completed projects. Subjects C and D appeared passive and monotonous, lacked confidence in their work, and found it challenging to take responsibility for their work outcomes during the project-based implementation of the Pancasila Student Profile Reinforcement Project (P5). Overall, the implementation of this project not only focuses on mastering knowledge and technical skills but also developing character and abilities that will shape future generations to possess responsibility, self-confidence, and high creativity.

Detail Informasi